Penerapan Film Animasi Dalam Meningkatkan Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Permata Hati Kecamatan Ngluwar

Salwa Adillia Ghalda, Khusnul Laely

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sopan santun anak usia dini di TK Permata Hati Kecamatan Ngluwar. Tujuannya untuk mengetahui apakah dengan menerapkan film animasi dapat meningkatkan sopan santun anak usia dini di TK Permata Hati Kecamatan Ngluwar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah dua belas orang. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sopan santun siswa kelompok B dapat ditingkatkan dengan menerapkan film animasi. Pada pra siklus mendapatkan prosentase 56,33%; pada siklus 1 sebanyak 70,16%; dan pada siklus 2 menjadi 84,75% yang ditunjukkan dengan anak mampu mengucapkan kata minta maaf, kata terimakasih, kata tolong, kata permisi, mengucapkan salam dan mencium tangan guru, tidak berkata kotor, tidak menyela pembicaraan, serta bersikap baik saat berbicara. Dengan demikian prosentase yang didapatkan sudah mencapai ketuntasan karena sudah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%.


Keywords


Film animasi; Sopan santun; Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. (2019). Pengembangan Karakter Sopan Santun melalui Kegiatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini Di TK Adirasa Jumiang. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1699

Amalia, R., Joni, & Sa’idah, A. Y. N. (2023). Seminar BABK Mengenal Anak Tunalaras dan Penanganannya. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 90–94. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/dedikasi.v1i2.23

Arif, M. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Membentuk Sopan Santun Anak di Raudlatul Athfal Al-Azhar Menganti. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 31–41. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.15756

Asih, N. S. S., Renta, J., & Maranatha. (2022). Penggunaan Monopoli Bintang untuk Mengembangkan Sopan Santun Anak usia 5-6 Tahun. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v1i1.251

Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 216–223.

Faizah, N., Ainol, & Kiromi, I. H. (2023). Implementation of Maze Games in Learning for Children’ s Development at RA Al-Khairat. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.29313/ga

Faryanti, H. (2016). Respon Siswa Terhadap Film Animasi Zat Aditif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14225

Fathurohman, I., Nurcahyo, A. D., & Rondli, W. S. (2014). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.430

Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan (Journal of Health Sciences), 12(2), 15–29. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.996

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91–106. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Hodijah, N. S., & Wulansuci, G. (2023). Kisah Sahabat Umar Bin Khattab untuk Mengembangkan Sikap sopan Santun Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2), 139–144. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.14609

Jannah, A. N., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2022). Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Film Animasi Nussa dan Rara Episode Libur Jangan Lalai di Desa Klecoregonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 171–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3023

Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan Sosial dalam Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 32–38.

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i1.22444

Muhidin, D., & Kudus, H. H. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 32(2), 106–114. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i2.146

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646–651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Nurkholifah, E., Muzakki, J. A., & Khaeriyah, E. (2020). Peningkatan Sikap Sopan Santun Melalui Media Audio Visual Kartun. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(1), 22–36. https://doi.org/10.24235/ath.v30i1.6415

Putrihapsari, R., & Dimyati. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022

Rahmatunnisa, S., Sari, D. A., & Nurhayati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Film Animasi Dodo Syamil. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 77–96. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2914

Rahmawati, N. D., Hidayah, U. N., Auliya, F. N., Arumaisah, & Noviyana, S. I. (2022). Relevansi Film Animasi Riko The Series Season 3 Terhadap pembentukan Akhlak Dengan Metode Pembiasaan. Academica (Journal of Multidiciplinary Studies, 6(1), 117–132. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/academica.v6i1.5721

Saepullah, Habibah, L. N., & Dewi, L. P. (2019). Kaji Tindak Model Pembelajaran Cooperatif Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran PAI Materi Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf Siswa Kelas VII SMP Muara Ilmu Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Qiro’ah, 9(1), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.33511/qiroah.v9n1.30-39

Sunarti, E., & Purwani, R. (2016). Ajarkan Anak Keterampilan Hidup Sejak Dini (1st ed.). Penerbit Bestari.

Syamsudin, M. A., & Rosadi, Y. H. (2023). Meningkatkan Karakter Sopan Santun melalui Permainan Ular Tangga Akhlakul Karimah untuk Anak Kelompok B di RA Darul Makmur Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 38–49.

Ulfah, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Gelas Bocor. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 287–299. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2276

Virani, I. A. D., Riastini, P. N., & Suarjana, I. M. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7699

Zakaria, I., & Listyaningsih. (2016). Penanaman Sikap Sopan Santun Melalui Keteladanan Guru Di Smp Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(04), 575–591. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n4.p%25p




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.12708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats