Analisis Kebutuhan Kemampuan Mengingat Anak Usia Dini menggunakan Audio Visual Lantunan Asmaul Husna

Wulandari Wulandari, Sri Sumarni, Umi Chotimah

Abstract


Salah satu tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun yaitu mengenal ibadah sehari-hari dalam pembelajaran melantunkan asmaul husna. Tetapi dalam pembelajaran masih kurangnya keterampilan anak dalam melantunkan hal tersebut disebabkan karena variasi media yang  masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media audio visual pada materi melantunkan asmaul husna untuk anak Taman Kanak-kanak  yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi pada anak didik dan angket yang disebarkan kepada guru.


Keywords


Audio Visual; Lantunan Asmaul Husna; Kemampuan Mengingat; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Maulana. 2009. Khasiat Ampuh Asmaul Husna (Amalan Pembuka Rezeki, Kesehatan, dan Keselamatan Dunia Akhirat). Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Anonim. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Kbbi.web.id. diakses pada tanggal 16 Juli 2018, pukul 21.14 wib, Palembang.

Dani, R Indriya & Indri Guli. 2010. Kekuatan Musik Religi: Mengurai Cinta Merefleksi Iman Menuju Kebaikan Universal. Jakarta: PT Gramedia.

Djohan. 2016. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Best Publisher.

Ghani, Moch Zuri & Aznan Che Ahmad. 2015. Kaedah dan Strategi Pengajaran Anak-anak Bekeperluan Khusus. University Sains Malaysia.

Nasrullah, Khalifa Zain. 2002. Bacaan Rutin Zikir Asmaul Husna dan Shalawat. Yogyakarta: Mutiara Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Jurnal Penelitian dari Gunadiah Annisa Septiningrum. 2017. Pengaruh Senam Ergonomis dengan Musik Asmaul Husna terhadap Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Posyandu Lansia Adjiyuswo TamanTirto Kasihan, Bantul. Program Studi Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jurnal Penelitian dari Santi Jayani & Thomas Dicky Hastjarjo. Jurnal Psikologi. Vol: 06, No: 2. 2011. Pengaruh Pemberian Tes terhadap Memori Jangka Panjang Bacaan pada Siswa SMA. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Jurnal Penelitian dari Tan, dkk. Jurnal Psikodimensia. Vol:14, No:1. 2015. Pengaruh Permainan Kartu Kwartet terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang. Fakultas Psikologi Katolik Soegijapranata Semarang.

Jurnal Penelitian dari Teresia Yuliyana Hardjosoesanto & Siswanto. Jurnal Psikodimensia. Vol:13, No:1. 2014. Pengaruh Belajar dengan Cara Menghafal terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata dalam Bahasa Inggris. Fakultas Psikologi Katolik Soegijapranata Semarang.

Jurnal Penelitian dari Alifa Nisa Khuzaifa. Jurnal Bahasa Indonesia. Vol: 5, No:1. 2012. Pengaruh Musik terhadap Kecerdasan Otak. Fakultas Bahasa dan Sasra Universitas Pendidikan Indonesia.

Skripsi dari Elsa Putri Desi. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Ingatan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singingi. Yayasan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Riau: Fakultas Agama Islam.

Skripsi dari Christine Dyani. 2020. Pengaruh Konsumsi Minuman Beralkohol Terhadap Memori Harian Pada Remaja Dan Dewasa Awal. Universitas Airlangga.

Skripsi dari Nur Syifa Fitriana. 2018. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia. Universitas Lampung.

Skripsi dari Murni Nur Cahyanti. 2019. Keefektifan Musik Dan Asmaul Husna Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas II Sdn Wonolopo 02 - 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.12740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats