Kolaborasi antara Guru dan Orang Tua dalam Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Al-Ihsan Omben

Arifatul Husna, Firda Fina Fainani, Halawatur Rohmah, Baitur Rohmah, Fanny Gistia Lestari

Abstract


Kolaborasi antara guru dan orang tua sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Orang tua memiliki peran penting dalam memotivasi kegiatan belajar anak, mensupport anak, menghargai hasil karya anak,serta memantau perkembangan belajar mereka selama di sekolah. Dalam TK Al-Ihsan, kolaborasi antara guru dan orang tua sudah terjalin sejak lama, dan salah satu kegiatan bulanan antara guru dan orang tua adalah kegiatan makan sehat (4 sehat 5 sempurna). Selain itu, cara orang tua untuk mengetahui perkembangan anaknya adalah dengan membuat WhatsApp group khusus untuk orang tua murid, di mana di group itulah akan terjadi diskusi perkembangan setiap anak ataupun info kegiatan sekolah lainnya. Tujuannya adalah agar orang tua bisa memantau kegiatan harian anak selama berada di lingkungan sekolah dan bisa menyinkronkan. Kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua dapat membentuk karakter anak didik, karena guru dan orang tua sama-sama bertanggung jawab untuk mendidik anak.Oleh karena itu, penting bagi kedua belah pihak untuk menjalin hubungan yang harmonis dan melakukan kerjasama yang baik demi kebaikan anak. Banyak orang tua yang tidak peduli terhadap perkembangan anak menjadi salah satu permasalahan yang sangat perlu di atasi dan perlu di sadarkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Sebab keseharian anak adalah bersama dengan orang tua, dan segala sikap orang tua terhadap anak berpengaruh terhadap perkembangannya.


Keywords


Kolaborasi; Guru dan Orang Tua; Perencanaan Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Darmiany, D., Karma, I. N., Husniati, H., & Nurmawanti, I. (2022). Pendampingan Analisis Permasalahan Non Akademik Siswa Sd Sebagai Upaya Kolaborasi Guru Dan Orang Tua. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3), 154-158.

Dewi & Primayana, 2019; Uno, Admowidjoyo, & Lamatenggo, 2018, p. 187

Hernawati, Hernawati, and Imas Kurniasih. "Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak." Fastabiq: Jurnal Studi Islam 2.2 (2021):

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).

Lestariningrum, Anik. "Perencanaan pembelajaran anak usia dini." (2017).

Supriyanto, Agus. "Kolaborasi Konselor, Guru, Dan Orang Tua Untuk Mengembangkankompetensi Anak Usia Din Melalui Bimbingan Komprehensif." Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 4.1 (2016): 1-8.

Qadafi, Muammar. "Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini (Studi Di Ra Tiara Chandra Yogyakarta)." Awlady: Jurnal Pendidikan Anak 5.1 (2019): 1-19.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.12820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats