MEMBANGUN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI LEMBAGA PAUD
Abstract
Akreditasi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat menentukan pada kualitas lembaga PAUD. Namun masih banyak lembaga PAUD yang masih terakreditasi C, sehingga diperlukan beberapa tahapan untuk membangun Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lembaga PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti berupaya untuk menggambarkan peristiwa dan kejadian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap mereka. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi bahwa masih banyak lembaga PAUD yang memiliki akreditasi C dan hanya sedikit lembaga PAUD yang memiliki akreditasi A. Lebih dari 90% lembaga PAUD membutuhkan tahapan untuk mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu (SPMI) pada lembaga PAUD. Proses Implementasi SPMI di lembaga PAUD dapat dilakukan melalui beberapa tahapan, dimulai dengan Pemetaan mutu, Penyusunan rencana peningkatan mutu berdasarkan pemetaan mutu, Pelaksanaan rencana peningkatan mutu meliputi kegiatan pengelolaan lembaga PAUD dan kegiatan proses pembelajaran. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana peningkatan mutu, dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan peningkatan mutu berjalan sesuai rencana yang telah disusun. Diakhiri dengan Penetapan standar mutu baru dan penyusunan strategi peningkatan mutu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asbeni. (2001). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (Suatu Studi Tentang Standar Operasional Prosedur) Di Politeknik Negeri Sambas. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura, Vol 1, No 0001 (2013): ILMU ADMINISTRASI NEGARA, 1–19. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpmis/article/view/4150
Barnawi & M.Arifin. (2017). Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. In Ar-Ruzz Media.
Edward Sallis. (2007). Total Quality Management in Education Manajemen Mutu Pendidikan. Ircisod.
Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53–65. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148
Hakim, A. dkk. (2022). Analisis Tingkat Kebutuhan Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1605–1614.
Hanum Asrohah. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. UIN Sunan Ampel Press.
Huda, K. (2016). Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(2). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336
Islami, N. (2018). Desain Sistem Penjaminan Mutu Pada Satuan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (Tk). Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(1), 31–46.
Jono, A. A. (2016). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis Kkni Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Lptk Se-Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 57–68. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/148
Kementerian Riset, Teknologi, dan P. T. (2016). Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Dikti. Dikti.
Kusnandi. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 107–118.
Nanang Fattah. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Nasehuddin, D. (2022). IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL ( SPMI ) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTSN 5. Edulead : Journal of Education, 4, 56–73.
Opan Arifudin. (2019). MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PERGURUAN TINGGI. Manajemensistem Penjaminan Mutuinternal (Spmi)Sebagai Upayameningkatkan Mutu Perguruan Tinggi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169
Permendikbud. (n.d.). Nomor 28 Tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah.
Rahminawati, N. (2021a). Implementasi Sismtem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Dasar. Unisba Press.
Rahminawati, N. (2021b). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 212–219. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p212
Ridwan Abdullah Sani. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. PT Bumi Aksara.
Rifai, A. (2015). Peningkatan Capaian Standar Nasional Pendidikan Melalui Model Penjaminan Mutu Internal SMK. Jurnal Pendidikan, VI(1), 1–8. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2017/03/April-2015-1.pdf
Romadlon, D. A., Bagus, A., & Kurniawan, H. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Dasar. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3(c), 678–685.
Sagala S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.
Suarnaya, I. K., & Murnayasa, I. W. (2019). Peta Mutu Pendidikan. In Blogspot.Com. http://tankaedukasi.blogspot.com/2016/10/pengembangan-peta-mutu-pendidikan.html
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.408
Uhar Suharsaputra. (2010). Administrasi Pendidikan. PT. Rafika Aditama.
Yahya, F. A. (2015). PROBLEM MANAJEMEN PESANTREN, SEKOLAH DAN MADRASAH: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output. El-Tarbawi, 8(1), 93–109. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6
Zahrok, A. L. N. (2020). Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i1.12835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.