Komparasi Perangkat Pembelajaran Kurikulum (2013 dan Merdeka) pada Anak Usia Dini
Abstract
Peneliti tertarik mengetahui serta mendalami komparasi perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa, kurikulum 2013 lebih terfokus pada “STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak), KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), Prota (Program Tahunan), Prosem (Program Semester), dan RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), serta RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian)”. Sementara Kurikulum Merdeka berisi muatan “elemen CP (Capaian Pembelajaran), merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, merancang pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP dan modul ajar), dan P5 PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5487–5492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11934
Andayani, F., Tindangen, M., & Haryanto, Z. (2017). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perencanaan dan Pelaksanaan Perangkat Pembelajaran Biologi melalui Model Problem Based Learning dan Media Realita di SMA. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(10), 1425–1429. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10108
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Angkur, M. F. M., Palmin, B., & Yurnia, R. (2022). Kesulitan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran. JIPD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 130–136. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i2.1386
Bali, E. N., Ndeot, F., Koten, A. N., & Margiani, K. (2023). Pengelolaan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di Kabupaten Sumba Timur NTT. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(4), 3030–3041. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15183
BSKAP RI. (2022). Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada.
Cholimah, N., & Hanum, A. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka PAUD di Kabupaten Sleman. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 174–185. https://doi.org/10.24903/jw.v%vi%i.1399
Clark, I. (2012). Formative assessment: Assessment is for self-regulated learning. Educational Psychology Review, 24(2), 205–249. https://doi.org/10.1007/s10648-011-9191-6
DIKDAS, T. G. (2021). Modul Belajar Mandiri (Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa, dan Para Praktisi Pendidikan). Superior.
Kartini, & Suyatmin. (2022). Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tahu Terguri Bagi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6675–6689. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3400
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koenarso, D. A. P. (2023). Assessment and Evaluation of Early Childhood Education Institutions. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 11(1), 165–180. https://doi.org/10.21043/thufula.v11i1.19377
Mahartini, K. T., & Suastika, N. (2022). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Berbasis Tri Kaya Parisudha pada Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 84–92. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42817
Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbasis Software Atlas TI Versi 8. UAD Press.
Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3il.59
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Munawaroh, S., Syukri, M., & R, M. (2019). Kompetensi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di PAUD Cahaya Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i7.33760
Mustika, D., Hidayat, B., Ain3, S. Q., & Sopiandi, D. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran di Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Pengembangan Masyarakat, 1(3), 491–496. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.943
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Panadero, E., Jonsson, A., & Strijbos, J.-W. (2016). Scafolding self-regulated learning through selfassessment and peer assessment: Guidelines for classroom implementation. In D. Laveault & L. Allal (Eds.). Assessment for Learning: Meeting the Challenge of Implementation, 311–326. https://doi.org/10.1007/978-3-319-39211-0_18
PAUD, K. (2023). Download Perangkat Kurikulum Merdeka PAUD (CP, TP, ATP, Tema, Topik dan Modul Ajar dan RPPH PAUD). In Kurikulum PAUD. https://youtu.be/o8OxANLSjiM?si=wy6J5JYpJZsUvF8B
Purnama, S., & Hayati, M. (2023). Modul Asesmen Pembelajaran pada Anak Usia Dini (Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahun 2023. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Purwasih, T. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di Raudhatul Athfal Nurul Hikmah Kota Palangka Raya [Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya]. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3270/
Ramadhan, M. A., & Isom, M. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Ramdhani, M. A., & Isom, M. (2022). Panduan Pengembangan Projek Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 237–246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105
Sadayatama. (2018). Studi Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK Percontohan Kecamatan Dlingo Bantul. Urnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(7), 148–155.
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 51–56. https://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8/8
Sari, A. M., & Burhan, M. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Sentra. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 76–80. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1119
Sarilah. (2022). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1602
Wohlin, C., Mendes, E., Felizardo, K. R., & Kalinowski, M. (2020). Guidelines for the search strategy to update systematic literature reviews in software engineering. Information and Software
Technology, 127, 7–24. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2020.106366
Wulandari, H., Muqodas, I., Maranatha, J. R., Nikawanti, G., Amalia, H. A., Nadilah, N. A., & Elzawati. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Minat pada Pendidikan Anak Usia Dini di Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 156–161. https://doi.org/10.37478/mahajana.v3i3.2112
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.