Pengaruh Penerapan Bermain Sains terhadap Kemampuan Klasifikasi dan Berpikir Kritis pada Anak Usia 5-6 Tahun

Andi Rezeky Amaliah, Kartini Marzuky, Sitti Nurhidayah Ilyas

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan bermain sains mempengaruhi kemampuan klasifikasi dan berpikir kritis anak. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 30 orang anak usia 5-6 tahun yang terbagi dalam dua kelompok yaitu 15 anak kelompok eksperimen dan 15 anak kelompok kontrol. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif dengan menggunakan Analysis Covariance dengan bantuan SPSS. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes menggunakan instrumen dengan berpedoman pada PERMENDIKBUD No 137 Tahun 2014. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis kemampuan klasifikasi anak diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi (88,6719) daripada nilai rata- rata posttest kelompok kontrol (56,4236). Sedangkan pada kemampuan berpikir kritis anak diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi (84,0236) daripada nilai rata- rata posttestkelompok kontrol (56,6440). Hasil penelitian yang diperoleh bermain sains dapat mempengaruhi kemampuan klasifikasi dan berpikir kritis anak.

Pengaruh Penerapan Bermain Sains terhadap Kemampuan Klasifikasi dan Berpikir Kritis pada Anak Usia 5-6 Tahun


Keywords


Bermain Sains, Kemampuan Klasifikasi, Kemampuan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Brostrom, S. (2015). Science in Early Childhood Education. Journal of Education and Human Development, 4(1), 107–124.

Kemdikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Lylod, E., Edmonds, C., Downs, C., Cruthley, R., & Paffard, F. (2017). Talking everyday science to young children: A study involving parents and practitioners within an early childhood centre. Early Childhood Development and Care, 187(2), 244–260.

McLean, C. (2016). Full-day kindergarten, play-based learning: promoting a common understanding. North Atlantic: Newfoundland Labrador Education and Early Childhood Development.

Patty, D. ., Marzuki, K., & Susilawati. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permaian Dengan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini TK Nyiur Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 397–402.

Platz. (2017). Challenging Young Children Trough Simple Sorting and Classifying: A Development Approach. Journal Education, 125(1), 88–95.

Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati. (2020). Kemampuan Klasifikasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pena PAUD, 1(1), 54–62.

Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Incalculation of science process skills in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 45–57.

Shanty, M. (2013). Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia.

Slavin, R. . (2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pem belajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Syam, A. F., Amaliah, A. R., & Irawan, A. (2022). THE INFLUENCE OF PARENTS ’ WORK ON THE PERSONALITY AND CHARACTER DEVELOPMENT OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS. 6(2), 65–74. https://doi.org/10.29313/ga

Tekerci, H., & Kandir, A. (2017). Effects of the based science education program on scientific process skills of children aged 60-66 month. Eurasian Journal of Educational Research, 68, 239–254.

Wasdi. (2015). Asesmen Membaca, Menulis Dan Berhitung Untuk Anak Berkebutuhan Tunagrahita. Jakarta: Luxima.

Wiyani, N. A. (2017). Kapita Selekta: PAUD Alternatif-Solusi Problematika Penyelenggaraan PAUD. Gava Media.

Yulianti, D. (2010). Bermain sambil belajar sains di taman kanak-kanak. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats