Optimalisasi Proses Akreditasi untuk PAUD: Pendampingan dan Implementasi
Abstract
Akreditasi hanya sebagai sebuah formalitas belaka tanpa memahami secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur khususnya di Lembaga Pos PAUD TK Tunas Harapan Bangsa. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua Pos PAUD TK Tunas Harapan Bangsa Surabaya. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan penelitian ini, yaitu teknik trigulasi. Teknik trigulasi diartikan sebagai teknik pengumpulan dari sumber data yang telah ada. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan lembaga PAUD dalam memenuhi standar akreditasi, dengan penekanan pada aspek seperti kurikulum, fasilitas, kualifikasi staf, dan manajemen. Rekomendasi konkret untuk perbaikan atau pengembangan dalam berbagai area, baik dalam hal infrastruktur, proses pembelajaran, pengelolaan lembaga, atau keterlibatan stakeholder. Strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, termasuk pengembangan kurikulum yang lebih efektif, peningkatan keterlibatan orang tua, dan peningkatan kualifikasi dan keterampilan staf.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akreditasi, A. H. (2022). PENILAIAN KELEMBAGAAN ASPEK COMPLIANT (AKREDITASI). Asesmen Pembelajaran PAUD, 155.
Aliyah, A., AR, U. M., SP, M. J., Nanda, N., Aras, N., & Fatimah, N. (2019). Strategi Manajemen Pendidik Dan Kependidikan Yang Ramah Anak. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 75–83. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11516
Angin, Y. H. P., & Yeniretnowati, T. A. (2022). Penyelenggaraan Manajemen Sekolah Dan Pendidikan Perguruan Tinggi Kristen Berbasis Standar Iso 21001. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 41–62.
Artha, I., Yulianingsih, W. W., & Cahyani, A. D. (2023). Conceptual training models in improving competence of community learning center managers. International Journal of Instruction, 16(3), 221–244. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16313a
Asiah, S. N. (2018). Analisis manajemen PAUD berbasis standar akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1). https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1325
Halim, A., Madani, M. T., & Zainuddin, Z. (2022). KONSTRUKSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK:(Kajian Humanisasi Pendidikan Di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan). Kabillah (Journal of Social Community), 7(1), 245–257.
Hasis, P. K., & Raksa, A. (2022). Manajemen Strategi Lembaga PAUD Menuju Akreditasi Di Kota Palopo. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 235–244.
lahir di Purwakarta, D. R. M. (2024). PROFIL PENULIS. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, 45.
Masturoh, U. (2023). Sosialisasi Akreditasi BAN PAUD dan PNF Serta Pendampingan Pengisian Sispena 3.1 Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(2). https://doi.org/10.21580/joecce.v3i2.17687
Mayasari, R. T., Susiyanto, S., Pradityo, R., & Jayanuarto, R. (2022). Pendampingan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pusat Konsultasi Bantuan Hukum Pimpinan (Posbakum) Wilayah Aisyiyah Bengkulu. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jphi.v5i1.48038
Nuryanto, S., & Irmade, O. (2019). Pendampingan Akreditasi Lembaga Paud di IGTKI Wonosegoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 86–93.
Putra, M. B. (2021). Penyediaan Barang Publik Oleh Pemerintah. Kiprah Kader KAHMI Di Medan Perjuangan: Setangkai Bunga Rampai, 41.
Sari, R. P. (2019). Dampak akreditasi terhadap mutu PAUD di KB Al Amin desa sumber bendo kecamatan bantur kabupaten malang. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 1(1), 117–133. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1.159
Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan Kepala sekolah dan peran Komite sekolah terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 15–33.
Sholeh, M. I. (2023). Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Membangun Citra Positif Melalui Manajemen Pendidikan Yang Berkualitas. Tadbiruna, 3(1), 43–55.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suratni, S. (2014). Peranan pendidikan prasekolah untuk meningkatkan kecerdasan anak. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 146–156. https://doi.org/10.35457/konstruk.v6i2.31
Usman, J., Prastyo, D., Anggraini, D. D., Reswari, A., Iftitah, S. L., Rasidi, R., Aziz, T., Sulaiman, A. A., & Amaniyah, M. (2022). Pelatihan Pengelolaan Dokumen untuk Pengajuan Akreditasi Lembaga Raudlatul Athfal Se-Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 10(2), 135–152. https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.298
Zahidah, U., Afifa, F. R., Apriyanti, L., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03 July), 309–319.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.