Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 2-4 Tahun melalui Permainan Lari Estafet di PAUD Aisyiyah Sidokare
Abstract
Keterampilan motorik kasar sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap anak karena perkembangan motorik yang akan menjadikan anak menjadi lebih aktif dan responsif dalam menerima stimulus dari lawan bicara dan sangat penting sebagai bekal untuk menjalani kehidupan dimasa mendatang Pada anak usia 2-4 tahun kemampuan motorik kasar anak masih cenderung belum dikuasai sehingga pentingnya perkembangan motorik kasar perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lari estafet pada anak usia 2-4 tahun di kelompok PAUD Sidokare Kabupaten Sidoarjo. Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Suharsimi Arikunto dengan tahap tindakan, perencanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah subjek penelitian adalah sepuluh anak. Penelitian dimulai dengan Pra Siklus dengan nilai presentase 32%, kemudian naik 59% pada Siklus I, dan 81% pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan lari estafet meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76–86. http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/17/16
Ahmad, J. (2013). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Lari Estafet di Taman Kanak-Kanak Tadika Ceria BTN KODAM VII WIRABUANA KOTA MAKASSAR. Skripsi, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pntingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna, 26, 15–22.
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506
Chan, F. (2012). Strength Training (Latihan Kekuatan). Cerdas Sifa, 1(1), 1–8. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/csp/article/view/703
Fe, E. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional.
Herdiana, H., Tatang, N., & Dinar, M. (2016). Meningkatkan Kelincahan Dalam Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Tradisional Galah Asin. Sp Vol 1, 1(1), 71–79.
Khaironi, M. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rahmawati, H. K., Djoko, S. W., Diwyarthi, N. D. M. S., Aldryani, W., Ervina, D., Miskiyah, Oktariana, D., Octriant, E., Kurniasari, L., Fatsena, R. A., Lisbet Octovia Manalu, khwannul K., & Irwanto. (2022). Psikologi Perkembangan. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/558608-psikologi-perkembangan-c4380422.pdf
Sari, B. R., & Sinaga, S. I. (2020). Pengaruh Bermain Lari Estafet Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk Yaspa Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 178–190. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4183
Saringatun, & Rohita. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Mutiara Bunda Surabaya. 1–8.
Sujiono, B., Sumatri, M. ., & Chandrawati, T. (2016). Perkembangan Motorik Anak Taman Kanak-kanak. Metode Pengembangan Fisik, 1–21.
Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732
Sutanto, T. (2016). Buku Pintar Oahraga.
Thosin Waskita, D., Mochamad Surya, C., & Febriana, R. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312
Ulfah, & Arifudin, O. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 3(1), 9–16.
Wiarto, G. (2013). Atletik. Graha Ilmu.
Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.