Konsep Takhallaqu Bi Akhlaqillah Sebagai Proses dan Tujuan Pendidikan Islam

Enoh Enoh, Adang Hambali, Andewi Suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan unruk mendeskripsikan hasil kajian tentang konsep “takhallaqu bi akhlaqillah” sebagai proses dan tujuan pendidikan Islam. Untuk mendeskripsikan tujuan tersebut digunakan pendekatan peneltian kualitatif dan metode library research. Bahan kajian berupa buku, artikel  jurnal, maupun hasi-hasill riset lain dikumpulakan, diklasifikasi, direduksi dan dianalisis pat untuk memperoleh simpulan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulakan bahwa “takhallaqu bi akhlaqillah” yang mengandung makna berperilaku dan bersikap sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai moral yang ditegaskan dalam agama Islam merupakan rujukan untuk proses dan tujuan pendidikan Islam. Nabi Muhammad yang dinyatakan secara tegas berakhlak al-Quran dan berakhlak mulia  merupakan  sebagai role model atau uswah hasanah bagi ummat Islam dan dengan meneladaninya setiap muslim atau masyarakat muslim telah berakhak dengan akhlak al-Quran dan telah menjelmakan sifat-sifat uluhiyah dalam kehidupan sehari-hari untuk kehidupan yang bahagia, bermakna, bermanfaat.


Keywords


Konsep Takhallaqu bi Akhlaqillah; Proses dan Tujuan Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Aan Hasanah, 2014, Jurnal Penjaminan Mutu, Volume 1, Nomor 1, Juli 2014, ISSN: 2356-217X

Al Ghazali, I. (2016). Kitab Para Pencari Kebenaran. Jakarta: Turos

Cooper, H. M. (1998). Organizing knowledge syntheses: A taxonomy of literature reviews (Vol. 1). Spring: Knowledge in Society.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.) (4th ed.). Sage.

Denzin, N. K. (2009). The Research Ach: A Theoretical Introduction to Sociological Methods. Routledge. Fink, A. (2019). Conducting Research Literature Reviews (4th ed.). Sage.

Giantomi Muhammad, Nurwadjah Ahmad Eq , Andewi Suhartini, Al-Fikr : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.xx, No.x, Bulan 201x, h. xx~xx, ISSN 2088-690X

Golafshani, N. (2003). Understanding Reliability and Validity in Qualitative Research. Nova Southeastern University: The Qualitative Report, 8(4), 597. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2003.1870

Hart, C. (1998). Doing a Literature Review: Releasing the Social Science Research Imagination (1st ed.). Sage.

Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam (Bandung: Al Ma’arif, 1980)

Nata, A. (2017). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Press.

Orr, D. W. (1992). Ecological Literacy: Education and the Transition to a Postmodern World (0791408744 ed.). State University of New York Press.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods (3th ed.). Sage.

Prentice, A.E .1990. “Introduction” dalam Information Science – The Interdisciplinary Context. (ed. J. M. Pemberton dan A.E. Prentice). New York : Neal-Schuman Publishers




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.13583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats