Analisis Model Pembelajaran Sentra Practical Life terhadap Kemandirian Anak Usia Dini
Abstract
Sentra practical life merupakan salah satu model pembelajaran sentra yang mengedepankan keterampilan anak dalam melakukan aktivitasnya. Anak usia dini tentu pada hakikatnya akan menjadi generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat membangun negara lebih baik dengan kemampuannya. Untuk itu, dalam mendukung hal tersebut pendidikan anak usia dini memberikan fasilitas untuk mendorong kemandirian anak dengan pembelajaran sentra practical life yang akan membantu anak sejak dini memiliki keterampilan dan terbiasa melakukan aktivitasnya secara mandiri tanpa bergantung kepada orang lain. Tujuan penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra practical life yang dapat menanamkan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi literatur dengan mencari referensi teori yang relefan dengan penelitian atau kasus yang ditemukan. Referensi teori yang diperoleh oleh peneliti dengan studi literatur dijadikan sebagai fondasi utama. Sentra practical life secara umum sangat mempengaruhi kemampuan mandiri anak yang distimulus dengan berbagai kegiatan menarik yang menarik minat anak untuk mencoba dan membiasakan keterampilan dasarnya dengan mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-hasna, B. D. T. K. I. T., & Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167–181. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2224
Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333
Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32–50. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72
Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak Dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 15–33. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12
Khotimah, K., & Zulkarnaen, Z. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587–599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832
Kurniawati, N., & Hayati, T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Skill. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 49–60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 0(0), 512–518. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/352
Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 295. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.6490
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Wahyuningtyas, D. P. (2019). Early Childhood Education Based on Life Skills for Street Children in Surabaya. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 39. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1365
Wulandari, R. T. (2017). The Implementation of Song and Motion Learning Through the Model of Beyond Center Circles Time(Bcct) to Improve Early Childhood Creativity. 118(c), 7–12. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.2
yunus saputra, S. (2018). Permainan Tradisional Vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 3(1), 1–11.
Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13631
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.