Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Menggunakan Media Karpet Puzzle di Taman Kanak-Kanak SIT Insan Mandiri Cendekia

Dian Ayu Natasya, Regita Ayu Syahdila, Putri Aprilia, Lia Dwi Ayu Pagarwati, Dara Zulaiha

Abstract


Motorik kasar adalah perkembangan yang berfokus pada area otot besar yang sangat penting digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tujuan kajian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang dampak kegiatan partisipasi dalam memecahkan teka-teki karpet terhadap kemajuan motorik kasar peserta didik di TK Insan Mandiri Cendikia (IMC). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Kemmis dan Taggart. Model tersebut memiliki beberapa tahapan diantaranya 1) planning, 2) acting, 3) observing, dan 4) reflecting. Anak yang berada pada rentang usia 5-6 tahun di TK Insan Mandiri Cendikia (IMC) merupakan subjek dari penelitian ini yang berjumlah 10 orang. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan masing-masing 2 pertemuan disetiap siklusnya. Data ini dikumpulkan melalui metode interogasi dan pengamatan. Pengolahan data dilakukan dengan menerapkan dua metode, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan motorik kasar anak setelah diberikan intervensi berupa kegiatan bermain menggunakan karpet puzzle. Skor yang tercatat sebelum intervensi adalah 54,7, sementara setelah intervensi pada siklus 1 mencapai 65,8 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81,6. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemberian kegiatan bermain yang mengasyikkan dengan menggunakan karpet puzzle memiliki implikasi positif terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak.


Keywords


Kemampuan Motorik Kasar; Melompat; Media Karpet Puzzle.

References


Adhe, Kartika dkk. (2018). "Penerapan Modul Pembelajaran Kebugaran Jasmani di Taman Kanak-Kanak." Dalam, 156–58.

Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anggraini, M. P., & Dwi, D. (2022). Perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini.

Apriloka, D. V. (2020). Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari Jenis Kelamin. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 61-67.

Dini, J. P. A. U. (2022). Deteksi dini motorik kasar pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558-564.

Dini, J. P. A. U. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6890-6898.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9-16.

Halik, A., Sultan, M. A., & Asri, H. K. (2023). Penerapan Model PQRST Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 176 Barru. Juara SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 197-201.

Hamzah, H., Heynoek, F., Kurniawan, R., & Kurniawan, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8), 384-394.

Hasanah, dkk. (2018). Manfaat Bermain Lompat Tali untuk Meningkatkan Keseimbangan ​Pada Orang Tua di Ruang Rehabilitasi Medik Siloam Hospital Bali. Skripsi.

Lasmaida, R. (2016). Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Melalui Berjalan Di Atas Garis Lurus Di TK A ABA Krajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(7), 736-746.

Nurlailah, R. (2022). Pengaruh Permainan Jejak Kaki terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mandiri Pitue. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 281-291.

Putri, A. A., Reswita, R., & Andespa, Y. (2021). Pengaruh permainan tradisional terompah panjang terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 165-172.

Qoyyimah, A. N., & Maulidiyah, E. C. (2019). Penerapan Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Kelompok a Tk Aisyiyah Bustanul Athfal VIII Kebalandono Babat Lamongan. Jurnal PAUD Teratai Vol, 8(2).

Reswari, A., LESTARININGRUM, A., Iftitah, S. L., & Pangastuti, R. (2022). Perkembangan Fisik dan Motorik Anak.

Sundari, L. A., Suarni, N. K., & Antara, P. A. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Dengkleng Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Pada Anak Kelompok A Semester Ii Tahun Ajaran 2015/2016 Di Tk Kartika Viii-3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Sutapa, P., & Suharjana, S. (2019). Improving gross motor skills by gross kinesthetic-and contemporary-based physical activity in early childhood. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 540-551.

Webiantoro, E. (2020). Model pembelajaran lokomotor usia 6-7 tahun berbasis permainan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja.(Garamond12, Reguler, spasi 1, spacing before 0 pt, after 0 pt, dan wajib menggunakan Aplikasi Mendeley)




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats