Pelaksanaan Pengembangan Aspek Nilai Agama dan Moral dalam Pembelajaran Seni pada Anak (Studi Multi Situs di RA Perwanida Buntok Kabupaten Barito Selatan dan RA Al-Wardah Buntok Kabupaten Barito Selatan)

Tri Maulida Sari, Ahmad Suriansyah, Rustam Effendi

Abstract


dalam pembelajaran seni anak. Serta, Strategi pembelajaran guru untuk penanaman nilai aspek agama dan moral dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber penelitian data penelitian ini yaitu sumber data primer: 1) Guru kelas B1 di RA Perwanida dan RA Al-Wardah Buntok Kabupaten Barito Selatan. 2) Peserta didik kelas B1 di RA Perwanida dan RA Al-Wardah Buntok Kabupaten Barito Selatan. Sumber data sekunder: 1) Kepala sekolah RA Perwanida dan RA Al-Wardah Buntok Kabupaten Barito Selatan. 2) Data dokumen berupa: Modul Ajar, Program Mingguan, RPPH. Selanjutnya teknik pengumpulan data melalui: Wawancara, Dokumentasi, dan Observasi. Serta analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) Analisis data situs tunggal. 2) Analisis data lintas situs. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan pengembangan aspek nilai agama dan moral dalam pembelajaran seni anak B1 di RA Perwanida dan RA Al-Wardah Buntok Kabupaten Barito Selatan mengacu kepada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta jadwal yang telah di rancang dan terprogram oleh guru. 2) Strategi pembelajaran guru untuk penanaman nilai aspek agama dan moral dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu pada kedisipilinan, keteladanan dan pembiasaan.

Full Text:

PDF

References


A’yunin, Q., & Padilah. (2022). Pengaruh Permainan Papercraft Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2).

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Arika, & Munawarah, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2).

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Hayati, M., & Purnama, S. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Istiadie, J., & Subhan, F. (2013). Pendidikan Moral Perspektif Nasih Ulwan. Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Kemendikbud, R. (n.d.). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.

Mujahadah, Effendi, R., & Rafianti, W. R. (2021). Mengembangkan Apek Sosial Emosional Menggunakan Model Demonstration, Model Number Head Together dan Permainan Tradisiomal Pada Anak Usia Dini. JIKAD (Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini), 1(1).

Rahmawati, R. L., Yuandana, T., & Fitriyono, A. (2023). Efektivitas Cangkang Kerang Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2).

Sarbini, & Lina, N. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sukaesih. (2019). Kedisipilinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri. Ijemar, 3(1).

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, (2).

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2023). PAUD Multiperspektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yanti, S. (2021). Analisis perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini pada tayangan film animasi nussa dan rarra. Jurnal Tazkirah:Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 924–938.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats