Implementasi Pengembangan Aspek Nilai Agama dan Moral (Studi Multi Situs pada Paud Insan Azkia dan PAUD Al-Ihsan Kota Banjarmasin)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan nilai agama dan moral pada Anak Usia Dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sumber data penelitian ini diantaranya adalah Kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, pihak Yayasan dan orang tua. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimulai dengan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Sementara teknik pemeriksaan keabsahan datanya dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aspek nilai agama dan moral program disusun oleh kepala sekolah, guru, dan pihak Yayasan berdasarkan karakteristik dan kegiatan keseharian anak. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka tidak mengubah program pengembangan nilai agama karena program dirancang sesuai agama dan norma yang berlaku dimasyarakat. Strategi pengembangan nilai agama moral membuat buku panduan sehingga memudahkan guru dan orang tua dalam menstimulus perkembangan nilai agama dan moral anak. Menyediakan guru yang professional dan bekerjasama dalam membuat modul ajar. Menggunakan berbagai macam metode dan strategi dalam pengembangan nilai agama dan moral. Asesmen pengembangan nilai agama dan moral menggunakan buku penghubung, dan raport. Pendidik juga diasesmen untuk menjaga kualitas pendidikan. Orang tua, Masyarakat, instansi pemerintah terlibat dalam pengembangan nilai gama dan moral.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Keteladanan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14.
Akbar, S., D. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini. PT Refika Aditama.
Ananda, S. N. A., Ramli, M., & Utami, N. W. (2023). Pengembangan Panduan Konseling Individual Cognitive Behavior dengan Teknik Cognitive-Restructuring untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa SMK. Buletin Konseling Inovatif, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um059v3i22023p91-102
Arfawi, Aslamiah, & Rizalie, A. M. (2024). Manajemen Pengembangan Keterampilan Vokasional (Vocational Skills Development Management) Pendidikan Khusus (Studi Multi Situs Pada Slb-C Negeri Pembina Dan SLB Negeri Kota Banjarbaru). ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 7. https://doi.org/10.31539/alignment.v7i1.8906
Azola, E. F., & Irsyad. (2023). Penyusunan Program Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 3.
Cahaya, N. a K., Hasna, S. lAshilah, Sekar, A. K., Haura, T. P., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Jurnal Studi Islam Gander Dan Anak, 17.
HAKIM, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Di Taman Kanak-Kanak (Analisis Deksriptif di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). TA’DIB, 5.
Hamzah, N. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press.
Hasibuan, Y. A., Masri, D., Hasibuan, A. N., & Pitriana, E. R. (2023). Penerapan Metode Kaisa Pada Penghafal Surah-Surah Pendek Pada Anak Usia Dini di TK Bunda Isnaini Mawardi Medan. Ya Bunayya, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.7.2.127-136
Huliatunisa. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Jejak.
Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan. Erlangga.
Ihsan, D., & Uswatun, H. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. AMZAH.
Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama untuk Anak Usia Dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak.
Khasanah, N. R. (2017). Implementasi Penggunaan Buku Penghubung Sebagai Sarana Komunikasi Guru Dan Orang Tua Di Taman Kanak-Kanak Masjid Kampus UGM. Jurnal Hanata Widya, 6.
Khasanah, U., Atwi, M. S., & Basuki, W. (2022). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book. kencana.
Maba, W., & Mantra, I. B. N. (2018). The primary school teachers’ competence in implementing the 2013 curriculum. SHS Web of Conferences, 42.
Mulyadi. (2015). Implementasi kebijakan. Balai Pustaka.
Mulyono. (2017). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Mustofa, B. (2016). Dasar – Dasar Pendidikan Untuk Pra Sekolah. Parama Ilmu.
Nurhasanah. (2019). Belajar atau Bermain : Upaya Memahami Perkembangan Anak usia Dini Dalam Pembelajaran di Lembaga PAUD. Ya Bunayya, 1.
Oja, A. A. R., Mustiningsih, & Sunarni. (2023). Peran perencanaan kepala sekolah berbasis nilai-nilai Kristiani. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11.
Paramitha, A. D., Wuryandini, E., & Murniati, N. A. N.
(2023). PERENCANAAN PROGRAM SEKOLAH BERBASIS DATA BERBANTUAN WORKSHEET ANALYSIS DI SMK. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9.
Rohendi, E, Rohayati, T. & J. (2014). Strategi perkembangan nilai moral agama. Cakrawala Dini, 5.
Rohil, Z. (2016). Desentralisasi Pendidikan. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 1.
Rostina. (2018). Pengaruh Penggunaan Buku Penghubung Guru-Orangtua Terhadap Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Siswa Di Sd Inpres Parang Kota Makassar. Universitas Pasca Sarjana, 1.
Salamah, U. (2018). Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa dalam Menghafal Al Quran Pada Anak. Ta’limuna Jurnal Pendidikan Islam, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.186
Salem, fahd B. (2015). Keluarga dan Akhlak dalam Islam. modern guide.
Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Bumi Aksara.
Suci, A. D., Helmalia, R., & Pratama, S. A. D. (2023). Penilaian Penilaian dan Kriteria Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Serang. Jurnal PAUD Pelita, 7.
Suriansyah, A. (2014). Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Rajagrafindo Persada.
Syamsidar, P. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Efektivitas Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone. Al-Qayyimah, 2.
Tafsir, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
Tatang. (2015). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Pustaka Setia.
Tuerah, R. M. S., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.