Implementasi Pembelajaran Literasi Baca dan Tulis Anak Usia Dini di PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur (Studi Multisitus: TK Bina Bangsa 01 dan TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit)
Abstract
Literasi baca dan tulis merupakan literasi yang paling penting untuk dikembangkan pada anak usia dini dibandingkan dengan kemampuan literasi lainnya. Pengenalan literasi pada anak usia dini melibatkan pemahaman konsep dasar serta keterampilan membaca dan menulis dalam bahasa tertentu sejak awal. Pengenalan ini meliputi pengenalan huruf, kata, dan bahasa, serta pengembangan keterampilan dasar membaca dan menulis melalui pendekatan pembelajaran yang menyeluruh. Kemampuan dasar literasi baca dan tulis anak meliputi kemampuan membaca beberapa kata, menulis nama sendiri, dan menulis kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi implementasi pembelajaran literasi baca dan tulis di PAUD Kotawaringin Timur. Metodologi penelitian mengadopsi pendekatan kualitatif dengan tujuan mengumpulkan data deskriptif dari kasus yang diinvestigasi, serta dengan jenis penelitian studi multi situs. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui analisis data tunggal pada TK Bina Bangsa 01 dan TK Kemala Bhyangkari 18 Sampit dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data, serta melakukan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum literasi baca dan tulis fokus pada tahapan perkembangan anak dengan metode bermain yang menyenangkan. Guru berperan aktif dalam forum komunitas untuk berbagi strategi. Komunikasi dengan orang tua dan penggunaan media bervariasi juga penting. Asesmen dilakukan dengan instrumen ceklis, catatan anekdot, dokumen hasil karya, dan foto berseri, kemudia hasilnya disampaikan kepada orang tua, serta dijadikan guru sebagai pertimbangan untuk perencanaan pembelajaran lebih lanjut. Kolaborasi dengan orang tua dan perpustakaan mendukung program literasi baca dan tulis secara efektif. Harapannya hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi guru, sekolah, serta peneliti selanjutnya dalam penerapan pembelajaran literasi baca dan tulis pada anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Amelia, R., Zamzani, Mustadi, A., Ghufron, A., Suriansyah, A., & Aslamiah. (2023). Parental Involvement in Digital Learning: Mother’s Experiences of Elementary School Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(10), 118. https://doi.org/10.3991/IJIM.V17I10.38253
Anita, Yudha, R. P., Rahayu, A., Rohimah, S., & Sepriani, R. (2023). Penguatan Literasi Anak Usia Dini Belajar dan Bermain Berbasis Buku. Sleman: Deepublish Digital.
Ardiyanti, S., & Ahmad, F. (2022). Membumikan Budaya Literasi untuk Generasi Masa Kini. Bogor: Lindan Bestari.
Basyiroh, I., Husni, J., & Permana, Y. (2023). Peran Guru Dan Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 1(2).
Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351. https://doi.org/10.35335/CENDIKIA.V14I3.4531
Hidayatussoalihah, H., Karta, I. W., & Rachmayani, I. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Anak Kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2309–2316. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.963
Khalidah, R. N., Suriansyah, A., & Aslamiah. (2022). Management of Al-Qur’an Learning in Early Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7003–7015. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.3681
Napitupulu, E. L. (2023, December 7). Indonesia’s PISA 2022 Score Drops, Rankings Rise.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/JPNK.V8I1.3769
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Parozak, M. R. G., & Rosita, F. (2019). Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Studi Kasus: Taman Kanak-Kanak Hamzanwadi Pancor 2019/2020. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4). https://doi.org/10.58258/JUPE.V4I4.1328
Priyanto, dkk. (2023). Peran Guru dalam Pembelajaran Literasi di Masa Transisi PAUD-SD. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(2).
PUSLITJAKDIKBUD. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca.
Putri, dkk. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Rinawati, Y., Suriansyah, A., & Ngadimun. (2021). School Partnership Management in Improving Vocational School Education Quality with Teaching Factory in Tabalong District, South Kalimantan Province. Journal of K6 Education and Management, 4(1), 37–50. https://doi.org/10.11594/JK6EM.04.01.04
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453
Ulfaidah, S., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum dan Penerapan Pembelajaran di PAUD. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jw.v8i1.1141
Wahyuni, M. P. N., & Darsinah, D. (2023). Strategi Pengembangan Literasi Baca Tulis (Praliterasi) untuk Menunjang Pengetahuan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3604–3617. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4799
Wardhani, L. K., Muis, A., Antoro, B., Ratnaningrum, R., & Wijaya, D. (2021). KEBIJAKAN PRA LITERASI PADA ANAK USIA DINI. Retrieved from https://disdikpora.kamparkab.go.id/storage/2021/11/01-Kebijakan-Pra-Literasi-Pada-Anak-Usia-Dini.pptx.pdf
Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAEDAGOGIA, 21(1), 31. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.15540
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.