Pengembangan Ensiklopedia Tema Antariksa untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ensiklopedia tema antariksa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak usia 5-6 Tahun. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dan menggunakan metode pre-eksperimen design tipe one group pretest posttest. Sasaran dalam penelitian ini yaitu kelompok B TKIT Darul Ilmi yang berjumlah 13 anak. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan rata-rata 98,2% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan guru mendapatkan presentase sebesar 65% dan berada pada kategori praktis. Keefektifan ensiklopedia dianalisis menggunakan SPSS. Hasil itu menunjukkan bahwa Asymp. Sing. (2-tiled) sebesar 0.001 sehingga kurang dari 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara nilai pre-test dan nilai post-test yang mengalami kenaikan skor pada hasil pre-test ke post-test. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwasanya ensiklopedia tema antariksa efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan Paudpedia Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru Di Kabupaten Pasuruan. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p80-86
Cahyanti, A. D., Sudibyo, E., & Rahayu, Y. S. (2022). Efektifitas E-Book Ensiklopedia Serangga Dengan Strategi Mind Mapping Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 66. https://doi.org/10.17977/um052v13i1p66-75
Eriani, E., Mardiah, M., Napratilora, M., & Erdawati, S. (2022). Loose parts: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 175–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.316
Hakim, A. R., & Nurrahmah, . (2021). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 4(1), 35–38. https://doi.org/10.33627/ge.v4i1.558
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hukamak, S., & Ummah, S. S. (2022). Problematika Guru Dalam Mengajar Al-Qur’an Dengan Metode Wafa Pada Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 71–82. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.71-82
Kusumaning, X., Palapessy, A., Ningrum, M. A., & Adhe, K. R. (2023). Analisis Project Based Learning ( PjBL ) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Pendipa Journal of Scinece Education, 7(3), 431–438.
Lailatun nazar, Mallevi Agustin Ningrum, Kartika Rinakit Adhe, & Melia Dwi Widayanti. (2023). Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 347–361. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2395
Mokodompit, S. S., Utoyo, S., & Sutisna, I. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Menggambar Bebas Pada Masa Pandemi Covid 19. Student Journal of Early Childhood Education, 1(2), 69–76. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE/article/view/SS
Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & ... (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada …, 5(3), 724–732.
Pebiana, C., Sitepu, B., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review : Implementasi Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. 5(Sandika V).
Puspita Winda, Widya Trio Pangestu, Y. M. L. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 125–130. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.141
Rahmawati, D., Widayati, S., & Widayanti, M. (2023). Penerapan Puzzle Geometri Di Ra Al-Mukhlashin Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1397–1414. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2319
Risdyaningrum, M., & Aryanto, H. (2020). Perancangan Ensiklopedia Selamatkan Bumi Dari Pencemaran Untuk Anak Usia 5-13 Tahun. Jurnal Barik, 1(2), 209–222. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35994
Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(81), 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6
Susanti, R., & Novtiar, C. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12096
Wildan Firmansyah. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Ekosistem Terintegrasi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Ekosistem Untuk siswa Kelas X IPA Di MA Miftahul Ulum Jember. 4(1), 88–100.
Wojciehowski, M., & Ernst, J. (2018). Creative by Nature: Investigating the Impact of Nature Preschools on Young Children’s Creative Thinking. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(1), 3–20.
Xiong, Z., Liu, Q., & Huang, X. (2022). The influence of digital educational games on preschool Children’s creative thinking. Computers and Education, 189(July). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104578
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.