Pengembangan Ensiklopedia Tema Antariksa untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun

Suci Nur Fauziyah, Mallevi Agustin Ningrum, Yes Matheos Malaikosa, Kartika Rinakit Adhe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ensiklopedia tema antariksa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak usia 5-6 Tahun. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE  dan menggunakan metode pre-eksperimen design tipe one group pretest posttest. Sasaran dalam penelitian ini yaitu kelompok B TKIT Darul Ilmi yang berjumlah 13 anak. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan rata-rata 98,2% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan guru mendapatkan presentase sebesar 65% dan berada pada kategori praktis. Keefektifan ensiklopedia dianalisis menggunakan SPSS. Hasil itu menunjukkan bahwa Asymp. Sing. (2-tiled) sebesar 0.001 sehingga kurang dari 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara nilai pre-test dan nilai post-test yang mengalami kenaikan skor pada hasil pre-test ke post-test. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwasanya ensiklopedia tema antariksa efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun


Keywords


Ensiklopedia, Berpikir Kreatif, Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan Paudpedia Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru Di Kabupaten Pasuruan. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p80-86

Cahyanti, A. D., Sudibyo, E., & Rahayu, Y. S. (2022). Efektifitas E-Book Ensiklopedia Serangga Dengan Strategi Mind Mapping Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 66. https://doi.org/10.17977/um052v13i1p66-75

Eriani, E., Mardiah, M., Napratilora, M., & Erdawati, S. (2022). Loose parts: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 175–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.316

Hakim, A. R., & Nurrahmah, . (2021). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 4(1), 35–38. https://doi.org/10.33627/ge.v4i1.558

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Hukamak, S., & Ummah, S. S. (2022). Problematika Guru Dalam Mengajar Al-Qur’an Dengan Metode Wafa Pada Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 71–82. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.71-82

Kusumaning, X., Palapessy, A., Ningrum, M. A., & Adhe, K. R. (2023). Analisis Project Based Learning ( PjBL ) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Pendipa Journal of Scinece Education, 7(3), 431–438.

Lailatun nazar, Mallevi Agustin Ningrum, Kartika Rinakit Adhe, & Melia Dwi Widayanti. (2023). Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 347–361. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2395

Mokodompit, S. S., Utoyo, S., & Sutisna, I. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Menggambar Bebas Pada Masa Pandemi Covid 19. Student Journal of Early Childhood Education, 1(2), 69–76. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE/article/view/SS

Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & ... (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada …, 5(3), 724–732.

Pebiana, C., Sitepu, B., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review : Implementasi Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. 5(Sandika V).

Puspita Winda, Widya Trio Pangestu, Y. M. L. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 125–130. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.141

Rahmawati, D., Widayati, S., & Widayanti, M. (2023). Penerapan Puzzle Geometri Di Ra Al-Mukhlashin Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1397–1414. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2319

Risdyaningrum, M., & Aryanto, H. (2020). Perancangan Ensiklopedia Selamatkan Bumi Dari Pencemaran Untuk Anak Usia 5-13 Tahun. Jurnal Barik, 1(2), 209–222. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35994

Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(81), 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6

Susanti, R., & Novtiar, C. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12096

Wildan Firmansyah. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Ekosistem Terintegrasi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Ekosistem Untuk siswa Kelas X IPA Di MA Miftahul Ulum Jember. 4(1), 88–100.

Wojciehowski, M., & Ernst, J. (2018). Creative by Nature: Investigating the Impact of Nature Preschools on Young Children’s Creative Thinking. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(1), 3–20.

Xiong, Z., Liu, Q., & Huang, X. (2022). The influence of digital educational games on preschool Children’s creative thinking. Computers and Education, 189(July). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104578




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats