Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok

Afriyani Afriyani, Mujiyanto Mujiyanto, Walyono Walyono

Abstract


Media pembelajaran berbasis aplikasi merupakan salah satu contoh bahan yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar  serta mampu digunakan untuk referensi seperti halnya Tiktok. Bayak peserta didik didik yang kurang mampu mengembangkan fisik motoriknya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran berbasis TikTok dan juga pemanfaatan media tersebut dalam upaya pengembangan kemampuan fisik motorik anak usia dini di kelompok B Nava Dhammasekha Saddhapala Jaya. Subjek penelitian ini adalah siswa Nava Dhammasekha Saddhapala Jaya. Teknik dan instrument yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan teknik analisis kualitatif deskriptif. melalui kegiatan belajar dengan menggunakan media TikTok ini dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak di Nava Dhammasekha Saddhapala Jaya.


Keywords


TikTok Media; Physical Motor Development; Early childhood

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Filza, D. L., Salsabila, A. P., Zulfahmi, M. N., & Budi, E. S. (2022). Penerapan Aplikasi

TikTok Education Holistik Integratif di TK Tarbiyatul Athfal Desa Kecapi Kecamatan

Tahunan Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 83.

https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.83-92

Afi Parnawi. (2020).Penelitian Tindakan Kelas. Vol 1. Sleman Yogyakarta. CV Budi Utama

Ahmad Tohardi. (2019).Pengantar Metodologi Penelitian Sosial.Tanjungpura University Press

Alfiliya, Fian. (2023).Penggunaan Media Loose Parts Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini

Di Tk Tarbiyatul Athfal 04 Kaliwungu Selatan, Tahun Ajaran 2022/2023.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok

DOI: 10.29313/ga.vxix.xxx

Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, x(x), xxxx | 7

Anggendari Tursinah, Hariyanto, & Hatmono Dwi Prihadi. (2020). Pengembangan media pembelajaran

berbasis aplikasi construct 2 pada materi meditasi ketenangan batin. Bahusacca, 64—65.

Anggraini Dwi, D. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini (R. Oktaviani, Ed.; 1st

ed., Vol. 1). CV Kreator Cerdas Indonesia.

Destiyani Jesika & dkk.(2019).Analisis Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 3-4 Tahun.Seminar

Nasional PAUD 2019).

Dr.H.Aguslani. (2023). Menyegarkan Kembali Semangat Perubahan Dan Orientasi Layanann (F. Nugraha,

Ed.; 1st ed., Vol. 1). Balai Diklat Keagamaan Bandung.

Dr. Khadijah.Nurul Amelia.(2020).Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan

Praktik.KENCANA

Elfrianto, & Lesmana Gusman. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan (Tanjung Nur Bahdin, Ed.;

Vol. 15). UMSU Press.

Gunartati, & Kurniawan Didik. (2021). Implementasi Disiplin Positif Anak Usia Dini Oleh

Pendidik KB Bintang Mulia Krekah Gilingharjo Pandak Bantul. Cendekiawan Ilmiah PLS, 6,

—38.

Hasan Muhammad, & Milawati. (2021). Media Pembelajaran (Sukmawati Fatma, Ed.; Vol. 1). Tahta

Media Group.

Hamidin Dini, Maniah, Nathanel Krisnando Gracia, Pangestuti Dwi Dheni, Yusuff Ananda

Andinna, Latianingsih Nining, Yusuf Mardiana Ria, & Mariam Lis. (2023). Technopreneur Digital

Di Era Society 5.0 (R. A. Dewi sari & W. Andriyani, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Tohar Media.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik

Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58—72.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Hidayah, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak

Kelompok A2 Di Tk Pkk 30 Mulyorini Surobayan Argomulyo Sedayu Bantul.

Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

(Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa

Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta Nurkamelia. 2(2), 112—136. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/

Kustandi Cecep, & Darmawan Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Fahmi Irfan & Ria,

Eds.; 1st ed., Vol. 1). KENCANA.

Luthfiah, J., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Dongeng Melalui Media Digital Youtube Dan Zoom

Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Selama Masa Pandemi Covid-19 Di

TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 365—377.

https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3878

Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif

Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Profesi

Keguruan, 2, 223–234.

Miftah Mohammad. (2015). Media Pembelajaran: Dari Konsepsi ke Utilisasi dan Permasalahannya.

Instructional Media: from Conception to Utilization and Problems, 3, 138—139.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok

DOI: 10.29313/ga.vxix.xxx

| Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, x(x), xxxx

Munasti, K., Purnama, S., Winarti, W., Mutmainnah, M., Nessa, R., Fitriani, D., Abd Aziz, U. Bin,

Saptiani, S., Rosmiati, R., & Rahmi, R. (2022). Aplikasi TikTok sebagai Alternatif Perkembangan

Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7153—7162.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981

Munasti, K., Purnama, S., Winarti, W., Mutmainnah, M., Nessa, R., Fitriani, D., Abd Aziz, U. Bin,

Saptiani, S., Rosmiati, R., & Rahmi, R. (2022). Aplikasi TikTok sebagai Alternatif

Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7153—

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981

Ngalim Purwanto. 2006. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

N.G.Jinasena. (2019). Gaya Hidup Buddhis Buku 7. Vol.1. Buddhist Cultural Centre

Nurfadhilah Septy, Ningsih Aulia Dwi, Ramadhania Risky Putri, & Sifa Nur Umi. (2021).Peranan

Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal

Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3, 246—247.

Nurkamelia. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian

Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur

Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2, 112—136.

Nurrita Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Misykat, 3, 177—178.

Purwanza Wahyu Sena, & dkk. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan Kombinasi (Munandar

Arif NS, Ed.). Media Sains Indonesia.

Purwati Tia. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 tahun di TK Se Kecamatan

Tempilang Bangka Belitung. Pendidikan Anak Usia Dini, 360—361.

Rahmana Naning, P., Putri N Amalia, D., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok

Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Akademika, 11, 405–406.

Silahuddin Anang. (2022). Pengenalan Klasifikasi,karakteristik dan fungsi media pembelajaran MA ALHUDA Karang Melati. Idaaratul,Ulum( Jurnal Prodi MPI), 4, 162—175.

Sisdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.(Jakarta: Kemendikbud,2003).

Solomon Sara. (2021). Incorporating Social Media into the Classroom: A Case Study on How TikTok can be

Immersed into Classroom Pedagogy . Domonican Scholar, 10—11.

Sulistijani Endang. (2019). Vocabulary Mastery with Storytelling Methods and Conventionality

Strategies and References to Students in The A1 TK Rahma Ciracas. Hortatori(Jurnal

pendidikan bahasa dan sastra Indonesia), 3, 54—55.

Suryana Dadan. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran (Widianto Eko,

Novita Lintang, & Tifiri Arshinta, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Kencana.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran (Salmulloh Alaika M, Ed.; Vol. 1). Pustaka Insan

Madani.

Tejo Nurseto. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Ekonomi Dan Pendidikan , 8, 22—

Tri Yuni Wulansari, & Nurul Khotimah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak

Melalui Kegiatan Menganyam Pita di Kelompok A. 1—2.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok

DOI: 10.29313/ga.vxix.xxx

Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, x(x), xxxx | 9

Winda Khoirun Nisa. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android

Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Lingkaran Kelas.

Wulandari Putri Amelia, Salsabila Anastasia Annisa, & Cahyani Karina. (2023). Pentingnya Media

Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5, 3932—3933.

Zidah Misykah Vina, Tanikha, & Ariyati Tatik. (2022). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Semnas

LPPM, 4, 78—79.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats