Penerapan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TK IT Al Fikri

Fitra Handayani, Khadijah Khadijah

Abstract


Pendidikan karakter di TK IT AL Fikri merupakan ikhtiar untuk menanamkan perilaku terpuji pada diri anak, baik dalam perbuatan maupun ibadah. Perilaku terpuji bermanfaat bagi kehidupan seseorang. Lingkungan sekolah merupakan tempat anak usia dini dapat menggali lebih jauh nilai-nilai kepribadian yang diterapkan di sekolah. Pendidik bertanggung jawab dalam menanamkan nilai-nilai kepribadian pada anak dan pendidik adalah teladan yang patut ditiru anak di lingkungan sekolah, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Pembinaan karakter yang dilakukan oleh para pendidik seperti melaksanakan sholat dhuha dapat membangkitkan jiwa keagamaan pada anak dalam beribadah dan pentingnya mengajarkan sholat dhuha dapat menjadikan anak rajin sholat menjadi kebiasaan. diambil di TK IT Al Fikri.

Keywords


Keywords: Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Prasetiawan, A.Y. (2019).Perkembangan Masa Keemasan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikanndan Pembelajaran Dasar Berkualitas, 6(1), 100â114. http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Terampil/Article/View/3829/2996

Harahap, AZ (2021). Pentingnya pendidikannkarakter bagi anak prasekolah. Jurnal Masa Kecil, 7(2), 49-57. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585.

Kementerian Pendidikanndan Kebudayaan. (2019). Petunjuk peningkatan pendidikan karakter anak prasekolah. Jakarta: Direktorat PendidikannAnak Usia Dini dan Masyarakat

Asmaun Sahlan, 2013. PendidikannKarakter Dalam Perspektif Islam (Studi Implementasi PendidikannKarakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal El-hikmahhFakultas Tarbiyah UIN Malang hal.139-149

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensi, Jakarta: Literasi Bumi

UU No. Nomor 20 Tahun 2003 tentanggSistem PendidikannNasional (SISDIKNAS) dan Penjelasannya, Yogyakarta: MediaaWacana Press, 2003

Tasdin Tahrim, Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini hal. 32

Zubaedi. (2011). desain pendidikannkarakter; Desain dan penerapan di lembaga pendidikan, Jakarta;

Zubaedi. (2011). Desain pendidikannkarakter: Konsep dan aplikasi di lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana

Mulyasa. (2012). Tata Usaha PAUD Bandung: Remaja Rosdakarya

Cahyaningrum, Eka sapti, dkk. 2017. Mengembangkan nilai-nilai kepribadian masa kecil melalui kebiasaan dan keteladanan. Penerbangan. 6 (2)

Kesuma, D, Triatna, C dannPermana, J. 2013. PendidikannKarakter: Penelitian Teoritis dan Praktek di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: ALFABETA

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensinya pendidikan karakterrdi Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suyanto Slamet, Pendidikan karakterranak usia dini, Majalah PendidikannAnak, Volume 1, Nomor 1, Juni 2012

Rustini, Berita. Pendidikan kepribadian prasekolah. Majalah Volume 3.

Yahya Khan. 2010, Pendidikan karakterrberbasis potensi individu, Pelangi Publishing House. Yogyakarta.

Khadijah, (2016), Pendidikan Anak Usia Dini, Medan: Penerbit Perdana, hal. Hal.3

Ahmad Syukri, Asrul, (2016), StrategiiPendidikan Anak UsiaaDini, Medan: Perdana Publishing House, hal. 83




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats