Peningkatan Kreativitas dengan Menggunakan Media Bahan Alam pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Islamiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan krativitas anak usia dini di RA Islamiyah dengan menggunakan bahan alam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 16 orang siswa kelompok B terdiri dari 9 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus hanya 2 anak yang berkembang sangat baik atau 12,5%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 6 anak yang berkembang sangat baik atau 37,5%, dan pada siklus II mengalami peningkatan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 13 orang atau 81,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di RA Islamiyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. (2023). Pengembangan Kretivitas Dan Permainan Edukatif Anak Usia Dini. CV. Alenia Edumedia.
Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243
Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 117–126.
Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14
Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–93.
Cahyaningrum, A., Istiyati, S., & Palupi, W. (2020). Kegiatan Mozaik Dengan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(1), 32–45.
Elkhusnah, F., & Yeni, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap reativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan AURA, 4(1).
Fasha, A. K. (2021). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kartini Jatimulyo Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Fatmawati, F. (2022). Kreativitas dan Intelegensi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 188–195.
Gabriela Olivia Dian Chintia, M., & A. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain Dari Bahan Alam Di PAUD Taman Seminari Santa Cicila. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia, 1, 1--8.
Hamdanah, & S. (2022). Remaja Dan Dinamika. K-Media.
Khaironi, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, 4(02), 261–266. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2272
Mahyuddin, M. J. (2016). Model bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2065
Munar, A., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10691
Muthiatun Nisa, & R. (2017). Kreativitas Dalam Psikologi Humanistik Psikologi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).
Neneng, N., Haryono, M., & Sari, R. P. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Journal Of Dehasen Educational Review, 3(3), 77–82. https://doi.org/10.33258/joder.v3i3.3467
Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279.
Priyanda, E. R. P. (2023). Pemanfaatan Bahan Alam Dalam Produksi Pembuatan Conditioner. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–14.
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Sholehah, A. M., Hibana, H., Na’imah, N., & Rahma, A. (2022). Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5003–5017. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2804
Sit, Masganti, et al. Raisah Armayanti, and H. Z. L. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Perdana Publishing.
Siti Maftuhah, A. W. (2018). Pengembangan Game Kelompok Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(2), 169–183.
Vidya Fakhriyani, & D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4(2).
Wathon, A. (2017). Hubungan Kegiatan Mengecap Melalui Media Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Wulanpitri, Y. A., Hazizah, N., & Kunci, K. (2021). Pelaksanaan Seni Lukis Mencap Dengan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas DiTK Kartika1-69 Sijunjung. Journal of Childhood Education, 5(2), 275.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13980
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.