Peran Ayah dalam Stimulasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
Abstract
Pengasuhan anak merupakan tanggung jawab kedua orangtua yakni ayah dan ibu. Peran ayah pun sangat penting dalam perkembangan anak, pengalaman bermain dan gaya asuhan ayah yang akan selalu diingat anak sampai dewasa. Motivasi, interaksi ayah saat memberikan stimulasi perlu berperan aktif sama halnya seperti ibu. Anak yang memiliki stimulasi terarah interaksi yang berkualitas akan lebih cepat berkembang dibandingkan anak yang kurang mendapatkan atau bahkan tidak mendapat stimulasi dari orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ayah dalam stimulasi fisik motorik anak usia dini di Kecamatan Parongpong Bandung Barat. Jenis Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan sample 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan peran ayah dalam stimulasi dengan perkembangan fisik motorik anak usia dini. Diharapkan ayah memiliki waktu berkualitas untuk memberikan pengasuhan, bermain bersama anak dalam memberikan stimulasi motorik kasar, motorik halus serta prilaku kesehatan dan keselamatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agrina, A. , S. J. , & H. R. T. S. (2012). Karakteristik orangtua dan lingkungan rumah mempengaruhi perkembangan balita. Jurnal Keperawatan Indonesia. 2, 83–88.
Allen, S. and K. D. (2007). (2018). The effect of father involvement: An updated research summary of the evidence inventory Canada: FIRACURA center for families, work and wellbeing. University of Guelph.
Barnes, C. C. (2016). The relationship between male involvement in early childhood education and student academic achievement.
Bussa, B. D. et al. (2018). Persepsi ayah tentang pengasuhan anak usia dini. Jurnal Sains Psikolog.
Eldeeb, A. M. Z. (2012). The impact of parental involvement on academic student achievement (Doctoral dissertation, The British university in Dubai (BUiD)
Gestwicki, C. (2010). Home, school, and community relations (7th ed.). Belmont, CA: Wadsworth
Khadijah, M. A. , & A. N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. .
Kusumaningtyas, K. & W. S. (2016). Faktor pendapatan dan pendidikan keluarga terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun .
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach (deepublish, Ed.).
Santrock, J. W. (2007). A Topical Approach to Life Span Development. New Delhi.
Scott, W., & De La Hunt, A. (2011). The important role of fathers in the lives of young children. Parents as Teachers.
Wijayanti, R. M. and P. Y. F. (2020). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak.
Aflatin, T., & Martanlah, S. M. (n.d.). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok.
Anggraini, N., Bahasa, B., & Selatan, S. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. In Metafora (Vol. 7).
Ariyanti, T. (N.D.). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development.
Dr Ajat Rukajat, M. Mpd. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach (Deepublish, Vol. 1).
Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. (N.D.).
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Malinga, M. V. (2015). Precarious employment and fathering practices among African men (Doctoral dissertation, University of South Africa).
Mutmainah, L. (2012). Inovasi Outbound dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah di TK Dwi Warna Jaya Kota Surabaya.
Paris, V. (2016). The effects of parental involvement on K-12 education
Rosenberg, J., & Wilcox, W. B. (2006). The importance of fathers in the healthy development of children: Fathers and their impact on children’s well-being. U.S. Children’s Bureau, Office on Child Abuse and Neglect. Retrieved Oct. 17, 2011, from www.childwelfare.gov/pubs/ usermanuals/fatherhood/chaptertwo.cfm#fnh9
Ruaida, N. (2018). Gerakan 1000 hari Pertama Kehidupan Mencegah Terjadinya Stunting (Gizi Pendek) di Indonesia. Global Health Science.
Tovah, et. a. (2010). Fathers’ perspectives on parenting a child with a craniofacial Anormaly.
Zellman, G. L., & Waterman, J. M. (1998). Understanding the impact of parent school involvement on children's educational outcomes. The Journal of Educational Research, 91(6), 370-380
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.14048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.