Pengembangan Media Panggung Boneka Tangan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak

Nadela Sustiarini, Edo Dwi Cahyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media panggung boneka tangan dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Dharma Wanita 1 Bumi Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian berjumlah 15 anak berusia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas anak setelah menggunakan media panggung boneka tangan. Indikator rasa ingin tahu mencapai 46,6%, kemampuan bertanya 60%, daya imajinasi 73,3%, dan orisinalitas 80%. Sub-indikator yang diukur meliputi ketertarikan pada hal baru, antusiasme terhadap informasi dan benda baru, frekuensi dan relevansi pertanyaan, imajinasi dalam pembuatan boneka dan bercerita, serta orisinalitas dalam mengungkapkan gagasan. Pengembangan media panggung boneka tangan terbukti efektif dalam merangsang berbagai aspek kreativitas anak usia dini melalui kegiatan yang menyenangkan dan melibatkan anak secara aktif.

Keywords


Media Pembelajaran; Kreativitas; Boneka Tangan

Full Text:

PDF

References


Ardelia, M., Santosa, A., & Setiati, G. (2019). Perancangan Fasilitas Penyimpanan dan Pembelajaran Kreativitas untuk Anak Usia Dini. Jurnal Intra Vol.7 No 20, 7(2), 802–808.

Faas, S., Wu, S.-C., & Geiger, S. (2017). The importance of play in early childhood education: A critical perspective on current policies and practices in Germany and Hong The Importance of Play in Early Childhood Education: A Critical Perspective on Current Policies and Practices in Germany and . Global Education Review, 4(2), 75–91.

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Humairotil, & Ibrohim, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Pada Media Panggung Boneka Di Ra Sabilunnajah. Waladi, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.61815/waladi.v1i1.118

Kristiantari, R. (2021). Efforts to Improve Learning Motivation and Understanding in Early Children Through Serial Picture And Hand Puppet. International Journal of Elementary Education, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.41143

Kurniawati, A., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2024). Enhancing Early Childhood Education Teachers’ Creativity through Professional Development Training Program. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 141–149. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.537

Kurniawati, D., & Musa. (2022). Pembelajaran Dengan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 93–114. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.75

Kurniawati, R., Kristiana, D., & ‘Azam Muttaqin, M. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kurikulum Merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339

Langit, A. D. S., Putra, P. D. A., & Ridlo, Z. R. (2024). Pengaruh Media Virtual Reality Berbantuan Software Millealab Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1006–1015. https://doi.org/10.29100/.v6i3.5129

Maharani, A., & Fatmawati. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1335–1340.

Mahmud, B. (2024). Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. EDUCHILD: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 93–102.

Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220222_100716.pdf

Rachmawati, P., Ab’ur, A., Prasanty, A. P., Abhinaya, M. Z., & Arifin, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Boneka Tangan” Upaya Meningkatkan Literasi Dan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Baca …. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15472

Ristek, K. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Berbagai Permainan. BBGP. https://bbgpjabar.kemdikbud.go.id/meningkatkan-kreativitas-anak-usia-dini-melalui-berbagai-permainan__trashed/

Sakti, A. N. L., & Sit, M. (2024). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 844–852. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Smith, K., Pickering, A., & Bhattacharya, J. (2022). The Creative Life: A Daily Diary Study of Creativity, Affect, and Well-Being in Creative Individuals. Creativity Research Journal, 34(4), 460–479. https://doi.org/10.1080/10400419.2022.2122371

Sudarti, Yuniarti, & Elianti, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Sains, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 5(2), 108–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/j-sanak.v5i02.4917

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. alfabeta.

Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876

Tyaningsih, R. Y., Pramestie Wulandari, N., Junaidi, Hamdani, D., & Putranto, S. (2021). The effect of group mentoring learning on student’s creativity in solving partial differential equations problems. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012040

Yee, L. J., Mohd Radzi, N. M., & Mamat, N. (2022). Learning Through Play in Early Childhood: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 985–1031. https://doi.org/10.6007/ijarped/v11-i4/16076

Yeh, C. W., Hung, S. H., & Chang, C. Y. (2022). The Influence Of Natural Environments On Creativity. Frontiers in Psychiatry, 13(3). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.895213

Yuliantina, I., & Mariana, A. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 405–412. https://doi.org/10.29313/ga




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats