Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang

Pupung Rahayu Noviati

Abstract


Abstract

 

IPS learning outcomes in class III SDN 2 Paseh District Paseh Sumedang District is still relatively low. This is because the learning process still does not actively involve students. To solve the problem, researchers compiled a classroom action research using puzzle media. The formulation of the problem is whether the use of puzzle media can improve student learning outcomes. The purpose of the study is to describe the use of puzzle media in improving student learning outcomes. The benefit of this research is the use of puzzle media  improve the learning result of IPS, become teacher reference in improving learning achievement, and become reference for further research. The results of the completion percentage before the use of puzzle media  reached 23.1% of students. Then in cycle III  percentage of completeness reaches 80.8%, thus increasing about 57.7%. This shows that the puzzle media is declared effective in improving students' learning ability.

 

Keywords: IPS Learning, Learning Outcomes, Puzzle Media.

 

 

Abstrak

 

Hasil pembelajaran IPS di kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih belum melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menyusun penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media puzzle. Rumusan permasalahannya adalah apakah penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah penggunaan media puzzle  meningkatkan hasil belajar IPS, menjadi acuan guru dalam meningkatkan prestasi belajar, serta dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya. Hasil persentasi ketuntasan sebelum digunakan media puzzle  hanya mencapai 23,1% siswa. Kemudian pada siklus III persentasi ketuntasan mencapai 80,8%, sehingga meningkat sekitar 57,7%. Hal ini menunjukkan bahwa media puzzle dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Media Puzzle.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hemawan, dkk. (2007). Proses Belajar mengajar. Bandung : FIP UPI.

Ischak. (2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Rosdijati, Nani. (2012). Panduan Pakem IPS SD. Jakarta : Erlangga.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Sudjana & Ibrahim. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sindar Baru Algesindo Offset Bandung.

Sudjana & Rivai. (2015). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo Offset Bandung.

Sugiyanto. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Yuma Pustaka.

Widiyanti, Desi. (2005). Penggunaan Media Puzzle Piramida untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. {online}. Tersedia: http://download .portalgaruda.org/article.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats