Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day

Leonita Siwiyanti Suharyoto

Abstract


Abstract

 

Entrepreneurship is an attitude of mental and spirit which is always active and creative, down to earth, and striving in order to increase profit for business activities. There are six basic values of entrepreneurship which can be integrated in early childhood learning process, namely: independent, creative, risk taker, leadership, action orientation, and hard work. The embedding of entrepreneur's character was one of the ways in realizing the vision of Sabilina Islamic Kindergarten by making the program "Kecil-kecil jadi Wirausahawan". The activity was not only focused on the market day (sale) activity, but the children were taught to produce, to package and also to market product.  The research method used qualitative research with case study method. This study aimed to investigate the actual conditions about the embedding of entrepreneurial values through market day activity for early childhood at the Sabilina Islamic Kindergarten.The results of market day activity can be used as one way to embed the entrepreneurship values early on. So, they will no longer become job seekers but they will open jobs after graduating from school.

 

Keywords: Enterpreneurship Values, Early Childhood, and Market Day

 

Abstrak

Kewirausahaan ini merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif dan kreatif, dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan atas kegiatan usahanya. Ada 6 nilai pokok kewirausahaan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada anak usia dini, yaitu: mandiri, kreatif, pengambil risiko, kepemimpinan, orientasi ada tindakan, dan kerja keras. Penanaman nilai karakter wirausahawan merupakan salah satu cara dalam mewujudkan visi TK Islam Sabilina ini dengan membuat program “Kecil-Kecil Jadi Witrausahawan”. Dimana kegiatan tersebut tidak hanya dititikberatkan pada kegiatan market day (jual beli), tapi anak diajarkan untuk memproduksi, mengemas produknya dan juga memasarkannya. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kondisi aktual tentang  penanaman nilai-nilai kewirausahaan dengan kegiatan market day untuk anak usia dini di TK Islam Sabilina. Hasil dari kegiatan market day  tersebut dapat dijadikan salah satu cara menanamkan nilai kewirausahaan sejak dini, sehingga setelah mereka lulus dari sekolah tidak lagi menjadi pencari kerja tapi akan membuka lapangan pekerjaan.

 

Kata Kunci: Nilai Kewirausahaan, Anak Usia Dini, dan Market Day


Full Text:

PDF

References


Frinces Z. Heflin. 2011. Be Entrepeneur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan . Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta : Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Siwiyanti, Leonita, Indonesia. Vol 4, No 2 (2016): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) - Articles MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN IPA DI SD

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Abidin, M. 2007. Seri Wira Usaha yang Tepat. Jakarta : Yayasan Bina Karya Mandiri.

______, Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Harian Jogja, Edisi 30 Januari 2009.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats