Penggunaan Media Timbangan dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Abstract
Problems in this research are low activity and result of student learning. The purpose of this study is to improve student activity and the result of student learning through intermediaries scale on multiplication materials in class II SDN Sukanagara Darmaraja Sumedang District. The research method used is a classroom action research with two cycles of action. In this study, the instrument used is a test with the type of stuffing questions that have been tested for validation and reliability and observation sheet to observe student learning activities. Based on the result of the research, the students' learning activity in cycle I was 73,5% with sufficient criteria and the increase of student learning activity in cycle II was 79,48% with good criterion with a difference of increase that is 5,98%. Similarly, the average learning outcomes of student learning outcomes from the initial data reached in cycle I 62.27 and the second cycle reached 80.58.
Keywords: Learning activity, the result of student learning, intermediaries scale.
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui media timbangan pada materi perkalian di kelas II SDN Sukanagara Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan sebanyak dua siklus. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah tes dengan jenis soal isian yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya dan lembar observasi untuk mengobservasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73,5% dengan kriteria cukup dan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 79,48% dengan kriteria baik dengan selisih peningkatannya yaitu 5,98%. Begitu pula dengan hasil belajar rata-rata hasil belajar siswa dari data awal mencapai pada siklus I 62,27 dan siklus II mencapai 80,58.
Kata Kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, media timbangan.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava media
Dimyati, dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Sa’ud. (2007). Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Sumardi. (2010). Penggunaan Media Timbangan Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Perkalian dan Pembagian pada Siswa Kelas II SD. Tersedia: https://eprints.uns.ac.id/6922/1/125740308201001531.pdf [03Mei 2017]
Sundayana. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV Alfabeta
Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.