Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Permainan di Sekolah Dasar
Abstract
Abstract
This study aims to describe a game that can be used in instilling character values in elementary school students. This research is a qualitative study at Al-Irham Global Islamic School Elementary School. The technique of collecting data through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that there are several games that can be used to instill character values in the learning process of Islamic Religious Education including Games composing hijaiyah letters; Puzzle letter Al-Fatihah; Crossword puzzle; chain message; and compile a picture of ablution sequence. The implementation of the game can bring out good character values.
Keywords: Planting Values, Characters, and Games.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan permainan yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif di SD Al-Irham Global Islamic School. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa permainan yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya: Permainan menyusun huruf hijaiyah; Puzzle surat Al-Fatihah; Teka-teki silang; pesan berantai; dan menyusun gambar urutan wudhu. Pelaksanaan permainan tersebut dapat memunculkan nilai-nilai karakter yang baik.
Kata Kunci: Penanaman Nilai, Karakter dan Permaninan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darma Kesuma dkk, 2011 Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung : Remaja Rosdakarya
Darmiyati Zuchdi, 2010 Pendidikan Karakter : Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi : Yogyakarta : UNY Press
Aan Hasanah, 2013 Pendidikan Karakter Berpresepektif Islam, Bandung : Insan Komunika
Muchlas Samani dan Hariyanto, 2012 Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Poerwadarminta, 2007 Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Ahmad Tafsir, 2011 Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasinya dalam Pendidikan, Makalah Pada Seminar Pendidikan Karakter, Bogor :18 Juni
E. Mulyasa, 2012 Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta : Bumi Aksara
John Echols & Hasan Shadily, 2003 Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta : Gramedia
Zubaedi, 2011 Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Abdul Majid dan Dian Andayani, 2015 Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung : Remaja Rosda Karya
Wina Sanjaya, 2011 Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Aulia Fadhli, 2010 Koleksi Games Seru dan Kreatif, Yogyakarta : Pustaka Marwa
Hurlock, E.B, 2003 Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Simon 2007 Simon, R. 2013 Model Permainan di Sekolah Dasar Berdasarkan Pendekatan DAP [Online], 10 halaman. Tersedia: http://jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jkp/article/download/65/62 [08 April 2017].
Fauzi, M. 2013 Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Handini, A. 2014 Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: tidak diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.