Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Uswatun Hasanah

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to reveal the implementation of multicultural education in shaping the character of early childhood at the Builder State Kindergarten in the District of Trimurjo, Central Lampung Regency. This research method is qualitative naturalistic. The results of this study, including through 3 parts, namely: 1) self-development program, 2) integration in subjects; 3) school culture. First, self-development programs, there are four activities, namely: routine activities, spontaneous activities, exemplary, conditioning. Second, integration in subjects. Educators teach multicultural education in the learning material. Third, school culture. Supporting factors for multicultural education include the presence of extra-curricular activities. While the inhibiting factors for multicultural education in Pembina Trimurjo State Kindergarten are: (1) Lack of understanding of educators about multicultural education; (2) The absence of a standard concept from the government regarding multicultural education related to the curriculum and methods.

Keywords: Multicultural Education, Character, Early Childhood.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap implementasi pendidikan multikultural dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat naturalistik. Hasil penelitian ini,  di antaranya melalui 3 bagian yaitu: 1) program pengembangan diri,  2) pengintegrasian dalam mata pelajaran; 3) budaya sekolah. Pertama, program pengembangan diri, terdapat empat kegiatan yaitu: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian. Kedua, pengintegrasian dalam mata pelajaran. Pendidik mengajarkan pendidikan multikultural yang ada dalam materi pembelajaran. Ketiga, budaya sekolah. Faktor penunjang pendidikan multikultural di antaranya yaitu: adanya kegiatan ekstra kurikuler. Sedangkan faktor penghambat pendidikan multikultural di TK Negeri Pembina Trimurjo adalah: (1) Kurangnya pemahaman pendidik tentang pendidikan multikultural; (2) Belum adanya konsep baku dari pemerintah tentang pendidikan multikultural terkait kurikulum dan metodenya. 

Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Karakter, Anak Usia Dini.


References


Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.,

Achmad Sauqi dan Ngainun Naim, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta : ArRuzz Media, 2008.

Ahmad Baedowi, dkk., Potret Pendidikan Kita, Jakarta: PT. Pustaka Alvabet, 2015.

Anas Salahudin & Irwanto Alkrienciehie, Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa), Bandung: CV.Pustaka Setia, 2013.

Andika Suhendra, Pendidikan Karakter dalam Lampung Pos, 7 Oktober 2017.

Anita Yus, Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak,Jakarta:Kencana, 2011.

Apri Subagio, Go...Go.. Indonesia, Jakarta: Cerdas Interaktif, 2013.

Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, cet. 3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Dirjen kelembagaan Agama Islam Depag RI., Pedoman pelaksanaan Kurikulum RA, Jakarta:2005

Doni Koesoma A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di zaman Global,Jakarta: PT. Grasindo,2010.

Elga Andriana, Tanya-jawab Problema Anak Usia Dini Berbasis Gender, Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Helmawati, Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

http://news.liputan6.com/read/3031902/jokowi-Pendidik-pegang-amanah-negara-membentuk-karakter-anak-bangsa

Ki Hajar Dewantara, Manusia menuju merdeka, Yogyakarta: Leutika, 2009.

M. Fauzi Rachman, Islamic Parenting, Jakarta: Erlangga, 2011.

Munif Chatib, Orangtuanya Manusia, Bandung: Kaifa, 2012.

Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Nana Prasetyo, Membangun Karakter Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2013.

Nasution S., Metode penelitian Naturalistik Kualitatif Bandung: Tarsito, 1991.

Nurcholish Madjid, Islam Agama Peradaban, Membentuk Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah, Jakarta: Paramadina, 1995.

Rahmat Rosyadi, Pendidikan Islam dalam pembentukan karakter anak usia dini, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Rita Eka Izzaty, Perilaku Anak Prasekolah, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2017.

Riyanti, Hasil Wawancara dengan Kepala TK Negeri Pembina Trimurjo, 2017

Suhadi Cholil, Resonasi Dialog Agama dan Budaya, Yogyakarta:CRCS, Graduate School UGM, 2008.

Tatang, Ilmu Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Tim Media Vista, Mengenal Adat, Budaya, dan Kekayaan Alam Indonesia, Jakarta: Cikal Aksara, 2009.

Uswatun Hasanah, Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak, Jurnal Elementary, Vol.2 Edisi 2, Juli, 2016.

www.tradisikita.my.id › Lampung › Tari Tradisional

Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks, 2009

Zainal Aqib dan Ahmad Amrullah, Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Yogyakarta: PT.Gava Media, 2017.

Zubaedi, Strategi Taktis pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah), Depok: Rajawali Pers, 2017.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats