Analisis Nilai Kejujuran dalam Permainan Tatarucingan

Pupung Rahayu Noviati, Sendi Fauzi Giwangsa

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to analyze the play of tatarucingan, both related to the form of tatarucingan games, how to play the game of tatarucingan, the values contained in the game of tatarucingan and the implementation of honesty values in basic education. The method used in this study uses descriptive analytical methods. The result of this study is that tatarucingan game is an existing game that has been played by two or more people both by women and men. The value of honesty is in the activity when playing tatarucingan games.

 

Keywords: Honesty Value, Tatarucingan Game.

 

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis permainan tatarucingan, baik yang berkaitan dengan bentuk permainan tatarucingan, cara memainkan permainan tatarucingan, nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tatarucingan serta implementasi nilai kejujuran dalam pendidikan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini adalah permainan tatarucingan merupakan permainan yang sudah ada sejak dulu yang dimainkan oleh dua orang atau lebih baik oleh perempuan maupun laki-laki. Nilai kejujuran terdapat dalam aktivitas ketika memainkan permainan tatarucingan.

 

Kata Kunci: Nilai Kejujuran, Permainan Tatarucingan.


References


Achroni, S. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalivera

Ariani, C. (1998). Pembinaan Nilai Budaya Melalui Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Depdikbud, Dirjen Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional.

Danandjaja, J. (1986). Folklore Indonesia: Ilmu gossip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT.Grafitipers.

Danandjaya, J. (1987). Floklore Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Haerani, N. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, No 1, Februari 2013

Hulaini, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Jujur dalam MembentukKepribadian Siswa Kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang. Skripsi: Tidak dipublikasikan.

Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.

Linda, N. (1995). Teaching Your Children Values. New York: Simon Sand Chuster

Misbach, I. 2006. Peran Permainan Tradisional yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. Laporan Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Nurjaman, D. (2009). Seri Olahraga Permainan Tradisional. Bandung: CV. Mitra Sasana.

Putra, dkk. (2017). Peningkatan Kapasitas Working Memory melalui permainan congklak pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 1, 2017:DOI: 10.22146/jpsi.21984

Yuliani. (2013). Kajian Kantin Jujur dalam Rangka Peningkatan Pendidikan Karakter Di Tingkat Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan Siswa Yang Kreatif (Studi Kasus DI SDN Panggungrejo 04 Kapenjen). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1 Nomor 2, September 2013




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats