Growing Mother's Language Literation in A Family Environment

Dinar Nur Inten, Dewi Mulyani, Khambali Khambali, Syifa Aghnia Zaenal, Aida Nur Khairunnisa

Abstract


Language is identical to culture, so culture will be sustainable if the community's language is firmly held and used in their daily lives. As one of the regional languages that have a major contribution to the Indonesian nation's progress, the Sundanese language is preserved correctly by using and teaching and exemplifying its use to this nation's future generations. This study aimed to determine the use of the Sundanese language and parents' methods in introducing the Sundanese language to children. This study used a survey method for parents who have early childhood with respondents as many as 545. This study proves that family, parents, and the surrounding environment have a considerable influence in planting literacy in the mother tongue, namely Sundanese for children. Through parents' ability to determine methods, packaging engaging activities, and designing innovative, creative media for learning Sundanese, it can help develop mother tongue literacy skills for children. It is proven that 45.9% of children can tell the Sundanese language, and 39.8% of children can speak Sundanese. and 51.4% of children are capable enough to use Sundanese in their daily life.

Keywords: Mother Language, Literacy, Family, Sundanese Language.

 

Abstrak

Bahasa identik dengan budaya, maka suatu budaya akan berkelanjutan apabila bahasa masyarakat tersebut dipegang teguh dan digunakan dalam kesehariannya. Bahasa Sunda sebagai salahsatu bahasa daerah yang memiliki sumbangsih besar untuk kemajuan bangsa Indonesia sudah sewajarnya dijaga kelestariannya, dengan tetap menggunakan dan mengajarkan serta mencontohkan penggunaannya kepada para generasi penerus bangsa ini.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan bahasa sunda dan metode yang digunakan para orang tua dalam mengenalkan bahasa sunda pada anak. Penelitian ini menggunakan metode survey kepada para orang tua yang memiliki anak usia dini dengan responden sebanyak 545 orang. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keluarga, orang tua dan lingkungan sekitar memiliki pengaruh yang cukup besar dalam penanaman literasi bahasa ibu yaitu bahasa Sunda untuk anak. Melalui kemampuan orang tua dalam menentukan metode, mengemas kegiatan yang menarik serta mendesain media kreatif inovatif untuk pembelajaran bahasa Sunda dapat membantu mengembangkan kemampuan literasi bahasa ibu bagi anak hal ini terbukti 45,9% anak mampu bercerita bahasa Sunda dan 39,8% anak mampu ngawih dan 51,4% anak cukup mampu untuk menggunakan bahasa Sunda dalam kesehariannya.

Kata Kunci: Bahasa Ibu, Literasi, Keluarga, Bahasa Sunda.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. (2001). KIBS: Upaya Revitalisasi Jatidiri. Pidato Ketua Panitia Penyelenggara ….

Anjani F & Kusdiana A. (2020). Cerita Anak Berbahasa Sunda Tentang Aksara Kaganga sebagai Bahan Pembelajaran Menulis Siswa SD. Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2, Oktober 2020, pp. 136-146.

Anwar. S., Schadaw F.E., Althafani. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Bahasa Sunda untuk Anak – Anak Metode Addie. Jurnal Ilmu pengetahuan dan Teknologi Komputer. Vol. 3. No. 2 Februari

Bal, M., & Mete, F. (2019). Cultural Literacy in Mother Tongue Education: An Action Research. Qualitative Research in Education. https://eric.ed.gov/?id=EJ1221216

Badjo. E.L., Paputungan. R. Mulyono. H. (2015). Peran Komunikasi Keluarga dalam Melestarikan Bahasa Tobelo di Desa Kumo Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. e-jurnal Akta-Diurna. Vol IV No 4. Tahun 2015.

Barbara, Trudell.( 2008). Local-language literacy and sustainable development in Africa. International Journal of Educational Development 73-79. doi:10.1016/j.ijedudev.2008.07.002

Budhiono. R.H. (2009). Bahasa ibu (bahasa daerah) di palangkaraya: pergeseran dan pemertahanannya. Jurnal Adabiyyat Vol 8 No, 1 Juni.

Çelik, G. (2020). Visual Literacy and Teaching in the Education of Mother Language. Qualitative and Quantitative Models in Socio-Economic …. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-18593-0_20

Fitriani S.S, Prasetyaningsih. D.R, Samad. I.A. (2017). The Influence of First Language Toward Students' Achievement in learning english. Jurnal Pencerahan Vol 11. No.1 Maret. Hal 28-38.

Gimenez. S 2015. A case study on oral corpus: The use of mother tongue in class by Brazilian teachers of Spanish as Foreign Language. Procedia - Social and Behavioral Sciences 198 ( 2015 ) 242 – 248

Ibda. H. (2017). Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. Jurnal Shahih Vo. 2 No. 2.

Inten. D.N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini

melalui Puisi Lagu Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 2 (Desember 2018)

Inten. D.N. (2017). Penanaman Kejujuran Dalam Keluarga. Jurnal Family Edu. Vol 3 No. 1 April

Inten. D.N. (2017). Penanaman Literasi dalam Keluarga. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 No, 1 Juni.

Komalasari., N., Hidayat. E., W., Aldya. A. P. (2020). Aplikasi Pengenalan Bahasa Sunda Berbasis Multimedia Dengan Konsep V.I.S.U.A.L.S. Jurnal Nasional Pendidikan Informatika (JANAPATI) Volume 9, Nomor 1, Maret 2020.

Kristiana. H & Widayati.S (2016). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Ibu Melalui Penerapan Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2016, 87-90.

Khairu. A., Desmulyati., Rahmawati. E. (2018). Perancangan Aplikasi Pengenalan Bahasa Sunda Berbasis Android. Journal Information Engineering and Educational Technology. Vol 2 No. 2.

Mainizar (2013). Peranan Orang Tua Dalam Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia 2-6 Tahun. Jurnal Marwah Vol. XII No. 1 Juni Th. 2013

Mulyani. D., Pamungkas. I., Inten. D.N. (2019). Literasi Al-Quran Untuk Anak melalui Teknik Bercerita. Jurnal Obsesi Volume 2 Issue 2 (2018) Pages 202-210.

Puspitasari. R.H & Safitri. P.I .(2020). Penguasaan Bahasa Pertama (mother tongue) pada Batita dan Balita Transmigran asal jawa di silat kapuas hulu kalimantan barat : kajian psikolinguistik. Proseeding Internasional Seminar Prasasti III : Current Reserch In Linguistics. Hal. 646-652

Prawiyogi. A.G., Hamawati., Suparman T. (2020). Implementasi Budaya Bahasa Sunda Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Karangjaya Kecamatan Pedes Karawang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan Trilogi

Rahayu. D.M. (2020). Pengaruh Peranan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia Dini. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan Vo. 10 No. 1 April.

Risnawati. A & Nuraeni. L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Rebo Nyunda di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ceria Vol.2 | No.3 | September 2019.

Ribner. A, LeMonda. C., Liben.L. (2020). Mothers’ distancing language relates to young children’s math and literacy skills. Journal Experimental Child Psycology

Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.

Sudarma, T. F. D., Wahya, Citraresmana, E., Indira, D., Muhtadin, T., & Lyra, H. M. (2018). Upaya Pemertahanan Bahasa-Budaya Sunda di Tengah Pengaruh Globalisasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.

Sugiarto. R (2018). Pola-Pola Pemilihan dan Penggunaan Bahasa Dalam Keluarga Bilingual. Jurnal Kependidikan 4 (1): 90-97.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, P., Dan, P., & Bahasa, P. (2011). International Seminar “Language Maintenance and Shift” July 2, 2011. International Seminar “Language Maintenance and Shift” July 2, 2011.

Taja. N., Inten. D.N., Hakim. A. (2019). Efforts to Increase Skills Teaching Al-Qur'an Study for Teachers. Jurnal Obsesi Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 58 – 69.

Uyu &Agustin. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Ùimúeka. O & Alisinano. F. (2009). Examination of the effect of mother Tongue Activities Program on the reading readiness level of preschool children. Procedia Social and Behavioral Sciences 1 (2009) 521–528

Wagiati, Darmayanti.N . Zein. D ( 2019). Penggunaan Bahasa Sunda sebagai Bahasa Pengantar Pendidikan Kelas Semula di Sekolah Dasar

Wagiati, W. (2017). VITALITAS BAHASA SUNDA DI KABUPATEN BANDUNG. Litera, 16, 310.

Zulfikar. (2018). Rethinking The Use of l1 in l2 Classroom . Journal Englisia Vol. 6, No. 1, 43-51




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.6956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats