Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya
Abstract
This study examines the physical motor development of early childhood during the Covid-19 pandemic in JanggaIa Village, Sukaraja District, Tasikmalaya Regency. With a qualitative descriptive approach method with observation, interview and documentation study methods. The purpose of this research is to describe how the development of gross motor skills of early childhood during this pandemic. The results of this study are that many children during the pandemic prefer to play outside the home rather than indoors because they feel bored with the online school which makes their gross motor skills develop very well and according to the standard level of achievement of children's development, namely at the age of 4-5 years.
Keywords: Rough Motoric; Early Childhood; Covid-19.
Abstrak
Masa golden age terjalin pada saat anak diIahirkan hingga usia delapan tahun. Pada masa ini tumbuh kemang anak melaju sangat pesat, sehingga butuh stimuIasi yang efesien dari orang tua serta lingkungannya. Perkembangan fisik motorik anak usia dini ialah proses tumbuh kembang yang berkesinambungan, terjalin secara signifikan pada pembentukan tulang, perkembangan gerakan otot dan saraf yang sesuai dengan rentang umurnya yang nantinya mempengaruhi keterampilan gerak anak. Penelitian ini mengulas mengenai perkembangan fisik motorik anak usia dini di masa pandemi Covid-19 di Desa JanggaIa Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mendesripsikan bagaimana pertumbuh kembangan motorik kasar anak usia dini pada masa pandemi ini. Hasil dari penelitian ini yaitu banyak anak ketika pandemi lebih memilih bermain diluar rumah daripada di dalam rumah karena merasa bosan dengan adanya sekolah online yang membuat motorik kasarnya berkembang sangat baik dan sesuai standar tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu di usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: Motorik Kasar; Anak Usia Dini; Covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : Sosial Dan Budaya Syar’i, 7, 395–420. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Bungamputi, 6(0), 14–21.
Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan gerak dasar anak usia dini pada taman kanak-kanak (tk) di kota surakarta. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(2), 61–73.
Hairani. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Melipat Kertas pada Kelompok A TK Dharma Wanita Rempung. Bintang, 1(1), 141–156. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/288
Hanief, Y. N., & Sugito. (2015). Jurnal sportif vol. 1 no. 1 november 2015 60. Jurnal Sportif, 1(1), 60–73.
Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Pendiidkan Anak, 5, 717–733.
Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. (2015). http://efektor.unpkediri.ac.id. PINUS, 1(3), 249–251.
Lestari, E., Muslihin, H. Y., & Hendri Mulyana, E. (2019). Balap Karung Mengambil Bola Di Kelompok B Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. PAUD Agapedia, 3(1), 1–10.
Mahyumi Rantina, Hasmalena, Y. K. N. (2021). 891-4749-2-PB (pp. 1578–1584).
Mu’mala, K. A., & Nadlifah. (2019). Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Khuri Abad Mu’mala, Nadlifah | 57. Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68.
Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Kontribusi Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 35–42. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3315
Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935
PERMENDIKBUD. (2013). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Stppa) Paud Kurikulum 2013. 137, 2–6.
Putra, A. Y. (2020). Strategi Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 159–166.
Tika, S., & Fauziah, P. (2020). Kelebihan Program Full Day Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 155–166.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Verawati, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Tambi-Tambian Penelitian Tindakan Pada Kelompok a Di Tk Nasional Kps Balikpapan Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24459
Yanti, E., & Fridalni, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Tinjauan Sosial, Etika Dan Hukum Surrogate Mother Di Indonesia, 7(2), 108–113. http://www.jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/medika/article/view/761
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.