Analisis Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis

Desti Nur Maretiani, Taopik Rahman, Heri Yusuf Muslihin

Abstract


The purpose of this study was to determine the condition of the fine motor skills of children aged four to five years in TK Tunas Bangsa Ciamis Regency. This study used a qualitative approach with descriptive methods with the number participants of five children aged four to five years, male and female, of whom three were male and two were female, who were involved in fine motor skills research. Data collection techniques used observation sheets, interviews and documentation, while for data analysis techniques used descriptive. Based on the results of interviews with teachers, that the fine motor skills of children aged four to five years at TK Tunas Bangsa Ciamis District are still low. It is advisable to pay more attention to the fine motoric development of children when the child is writing and taught to hold a pencil properly and correctly so that the child can do well according to the achievement of the age of four to five years, and parents should always accompany the child when studying at home and can give stimulus to children well.

Keywords: Fine Motor Skills; Fine Motor Skills; Early Childhood.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi keterampilan motorik halus anak usia empat sampai lima tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jumlah partisipan lima orang anak berusia empat sampai lima tahun berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang diantaranya berjenis kelamin laki-lakinya tiga orang dan berjenis kelamin perempuannya dua orang yang dilibatkan dalam penelitian keterampilan motorik halus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan dari hasil wawancara kepada guru, untuk keterampilan motorik halus pada anak usia empat sampai lima tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis masih rendah. Disarankan untuk lebih di perhatikan lagi dalam perkembangan motorik halus anak ketika anak sedang menulis dan diajarkan memegang pensil yang baik dan benar sehingga anak dapat melakukannya dengan baik sesuai pencapaian usia empat sampai lima tahun, dan bagi orang tua sebaiknya selalu mendapingi anak ketika belajar dirumah dan dapat memberi stimulus pada anak dengan baik.

Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus; Motorik Halus; Anak Usia Dini


Keywords


Fine Motor Skills; Fine Motor Skills; Early Childhood.

Full Text:

PDF

References


Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Kurwardani. (2018). Kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun. 4, 22–29.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Nurmala, W., & Rahman, T. (2019). Kolase Berbahan Serbuk Kayu Pada Kelompok B Di RA Yasbiman Al-Munawar Kabupaten Tasikmalaya. 3(2), 203–214.

Padang, S., Adriyani, S., & Suryana, D. (2020). Efektivitas Napkin Folding Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak. 4, 282–286.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Kurwardani. (2018). Kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun. 4, 22–29.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Nurmala, W., & Rahman, T. (2019). Kolase Berbahan Serbuk Kayu Pada Kelompok B Di RA Yasbiman Al-Munawar Kabupaten Tasikmalaya. 3(2), 203–214.

Padang, S., Adriyani, S., & Suryana, D. (2020). Efektivitas Napkin Folding Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak. 4, 282–286.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Rakimahwati., Lestari, Nora Agus., Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. 2(1), 102–110.

Soetjiningsih, christiana hari. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Prenada Media Group.

Soleha, A. M., Yasbiati, Y., & Muslihin, H. Y. (2020). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Maze Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 175–186. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24543

Sundari, F. S., Mulyawati, Y., Windiyani, T., & Mutia, E. (2020). Hubungan Keterampilan Motorik Halus dengan Keterampilan Menulis Vertikal di SDN Papandayan Bogor. Jurnal Golden Age, 3(Desember 2019), 70–78.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wulandari, F., Muslihin, H. Y., & Nur, L. (2020). Penerapan Bermain Konstruksi Magic Sand Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(1), 63–72.

Yomima, G., Tjaya, A., & Wondal, R. (2020). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 61–62.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats