Persepsi Orang Tua Terhadap Penentuan Sekolah Bilingual Jenjang Paud Dan SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Heru Pratikno

Abstract


This study aims to determine how much parents want to enroll their children in bilingual schools at the PAUD and SD levels during the current pandemic. The data collection method used in this study was a questionnaire given to parents. Then, the data will be analyzed using descriptive quantitative methods. The results of this study indicate that most parents keep their children enrolled in school, especially at the elementary school level. The schools he was aiming for were varied, ranging from bilingual schools, public schools, or Islamic schools. However, there are also parents who postpone their children to go to school, both at the PAUD and SD levels. The reason is that they are worried about their children's health because they are still in the atmosphere of the COVID-19 pandemic.

Keywords: Parents' Perceptions, Determination of Bilingual Schools, in the Age of COVID-19.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar keinginan orang tua memasukkan anak mereka ke sekolah bilingual jenjang PAUD dan SD pada masa pandemi seperti sekarang ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada orang tua. Kemudian, data tersebut akan dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua tetap memasukkan anak mereka ke sekolah, terutama di jenjang SD. Sekolah yang ditujunya pun beragam, mulai dari sekolah bilingual, sekolah negeri, atau sekolah Islam. Namun, ada pula orang tua yang menunda anaknya untuk masuk sekolah, baik jenjang PAUD maupun SD. Alasannya adalah mereka khawatir akan kesehatan anaknya karena masih dalam suasana pandemi COVID-19.

Kata Kunci: : Persepsi Orang Tua, Penentuan Sekolah Bilingual, di Masa COVID-19


Full Text:

PDF

References


Aziz, H. (2019). Persepsi Guru PAI Tentang Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah dengan Kreativitas Guru dalam Mengajar (Penelitian Guru PAI di SMP Se-Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2).

Dewi, R., Suwandi, S., & Sulistyo, E. T. (2018). KESANTUNAN GURU DAN SISWA PEREMPUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH BILINGUAL. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 15(2), 147. https://doi.org/10.30957/lingua.v15i2.490

Irawan, I., & Hermawan, D. (2019). KONSEPTUAL MODEL PENDIDIKAN DEMOKRATIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i2.5254

Kurliyatin, A., Bafadal, I., & Zulkarnain, W. (2017). Hubungan Citra Sekolah, Pelayanan Prima, Harapan Orangtua, dan Rasa Bangga Orangtua dengan Keputusan Orangtua Menentukan Sekolah untuk Anaknya. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p129

Masnipal, M., & Hakim, A. (2018). Perbedaan Pendapat Pembelajaran Prabaca, Pratulis dan Prahitung Bagi Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(1). https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3855

Rukanda, N. (2020). Efforts to Stimulate Entrepreneurship Character for Early Childhood through Innovative Learning Methods Based on Science, Technology, Engineering, Art, and Math (STEAM). Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.5369

Septhevian, R., & Tjiptono, F. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Dasar (SD). Jurnal Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sujatmoko, E. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1).

Tatminingsing, Sri dan Iin Cintasih. 2019. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, modul. Tangsel: Universitas Terbuka. Pustaka.ut.ac.id

Rakhmat, Jalaludin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fahrurrozi. 2012. “Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam”. Dalam Jurnal Kependidikan Islam Vol. 7, No. 2, 2012. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6772

Setyawati, N.F. 2015. “Aspirasi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak (Studi Kasus di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan)”. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24069

Kuder, G. Frederic dan Blanche B. Paulson. 1983. Mencari Bakat Anak-Anak. Barakat, Muhammad Khalifah dan Zakiah Daradjat, penerjemah. Jakarta: Bulan Bintang. Terjemahan dari Exploring Children’s Interests.

Yousafzai, Malala. 2018. Youtube English Speech. https://www.youtube.com/watch?v=iBBB-vJZB50&t=432s.

Salinan Permendikbud RI Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. jdih.kemendikbud.go.id

No name. 2018/09/04. “Kenali Bakat Si Kecil untuk Membantu Mengembangkannya”. https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/kenali-bakat-si-kecil-untuk-membantu-mengembangkannya




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats