Penerapan Tontonan Nussa dan Rara terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab

Siti Alifi Istigfari Dagama, Alfian Ashshidiqi Poppyariyana, Ibnu Hurri

Abstract


The purpose of this study was to : 1) determine the application of the nussa and rarra shows on the character-building of children's responsibility. 2) know the process of implementing the nussa and rara shows on the character-building of children's responsibility. 3) knowing the factors that influence the application of the nussa and rara shows on the character-building of children's responsibility. This study uses a qualitative method. The research design that will be used is a case study. The sample to be used in this study were children aged 5-6 years in Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Kindergarten with a total sample of 3 students. The results obtained are that in practice there is a value of responsibility in 1) being responsible for the task given 2) being responsible for himself, 3) being responsible for personal property and other people's belongings 4) tidying up toys after use 5) ask and apologize if you make a mistake 6) want to admit that he was wrong. In the application process, the teacher distributed the video of Nussa and Rarra's film. Then the parents accompany and direct the children when watching the film Nussa and Rarra. There are 2 factors that influence its application, namely supporting factors and inhibiting factors.

Keywords: Watching Nussa and Rara; Character Responsibility; Early Childhood.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui penerapan tontonan nussa dan rarra terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anak. 2) mengetahui proses penerapan tontonan nussa dan rarra terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anak. 3) mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan dari tontonan nussa dan rarra terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu dengan studi kasus. Dengan sampel yang akan digunakan pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 dengan jumlah sampel sebanyak 3 orang siswa. Hasil penelitian yang didapat yaitu, pada penerapannya terdapat nilai tanggung jawab dalam 1) bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan 2) bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. 3) bertanggung jawab terhadap barang milik pribadi dan barang milik orang lain 4) membereskan barang\mainan setelah digunakan 5) meminta dan memberi maaf jika melakukan kesalahan 6) mau mengakui bahwa dirinya salah. Pada proses penerapannya guru membagikan video film Nussa dan Rarra. Kemudian orang tua mendampingi dan mengarahkan anak Ketika menonton film Nussa dan Rarra. Faktor yang mempengaruhi penerapannya ada 2 faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.

Kata Kunci: Tontonan Nussa dan Rara; Karakter Tanggung Jawab; Anak Usia Dini.

 


Keywords


Watching Nussa and Rara; Character Responsibility; Early Childhood.

Full Text:

PDF

References


Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/ article/view/11151

Dirseciu, P. (2017). studi kasus dalam penelitian kualitatif. 1–14.

Fadlullah. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 65–74. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195

Fathurohman, I, Nurcahyo, A, D., & Rondli, W, S. (2013). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multimedia Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO97811074153 24.004

Fathurohman, Irfai, Nurcahyo, A. D., & Rondli, W. S. (2015). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.430

Fithri, R., & Pradipta, R. (2017). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perekembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cemara Indah Kota Pekan Baru. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 58–71.

Karya, R., & Triantoro, A. (2019). Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.

kompasiana. (2017). pengaruh sinetron bagi anak anak. Retrieved from 19 juli 2017 website: https://www.kompasiana.com/sucio/596ed 014ed967e65860fcee3/pengaruh- sinetron-bagi-anak-anak

Muhamad Irwan Haqiqi, S. M. & M. (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Jpe, 6(1), 21–26. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Poppyariyana, A. A., & Wardana, 2Aditia Eska. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengkasifikasikan Benda di Tk Se Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3(1), 35–43.

Sugiyono, P. D. (2016). merode penelitian. 23 April 2016.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats