Penanganan Gangguan Konsentrasi pada Anak dengan GPPH di PAUD Inklusi

Eka Aviandini Nurhidayah, Ikin Asikin, Helmi Aziz

Abstract


kindergarten. At-Taqwa Kindergarten is one of the inclusive schools for early childhood appointed by the Bandung City Education Office. Currently, in At-Taqwa Kindergarten, there are two GPPH children. This research use qualitative-descriptive method. The principals and teachers of inclusive classes are subjects of this research, while the object how to handling concentration disorders in ADHD children. Collect data using interviews, observation, and documentation techniques. The research data will be analyzed using data collection, reduction, presentation, and conclusion. The results is handling concentration disorders in ADHD children in AT-Taqwa Kindergarten was by making individual learning programs, providing special assistant teachers, managing classes by the main teacher, and collaborating with school social workers. Research on learning concentration in ADHD children describe the behavior of learning concentration disorders behaviour and the treatment given to overcome them. However, this study has not examined services for children with special needs from inclusive school management policies.

Keywords: Impaired Concentration; ADHD; Inclusive School.

 

Abstrak

Tujuan penelitan ini adalah mengkaji penanganan gangguan konsentrasi pada anak dengan GPPH yang diberikan sekolah inklusi. TK At-Taqwa merupakan salah satu sekolah inklusi bagi anak usia dini yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung. Saat ini di TK At-Taqwa terdapat dua orang anak GPPH. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Data penelitian akan dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan selanjutnya adalah analisis data melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan penanganan gangguan konsentrasi pada anak dengan GPPH di TK AT-Taqwa dilakukan dengan pembuatan program pembelajaran individual, menyediakan guru pendamping khusus, pengelolaan kelas oleh guru utama dan melakukan kerjasama dengan pekerja sosial sekolah. Penelitian mengenai konsentrasi belajar pada anak GPPH telah dilakukan untuk menggambarkan perilaku gangguan konsentrasi belajar yang terjadi dan perlakuan yang diberikan untuk mengatasinya. Namun penelitian tersebut belum mengkaji mengenai pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus dari sudut kebijakan pengelolaan sekolah inklusi.

Kata Kunci: Gangguan Konsentrasi, GPPH, PAUD Inklusi.


Keywords


handling concentration disorder, ADHD, inclusive school

Full Text:

PDF

References


Anjani, A. (2008). Studi Kasus Tentang Konstrasi Belajar Pada Anak Adhd. Studi Kasus Tentang Konstrasi Belajar Pada Anak Adhd Di Sdit At-Taqwa Surabaya Dan Sdn V Babatan.

Barry, T., Lyman, R., & Klinger, L. G. (2002). Academic underachievement and attention-deficit/ hyperactivity disorder: The negative impact of symptom severity on school performance. Journal of School Psychology, 40, 259–283. https://doi.org/10.1016/S0022- 4405(02)00100-0

Booth, A., & Ainscow, M. (2002). Index for Inclusion: Developing Learning and Participation in Schools. Centre for studies on Inclusive Education.

Darmawati, S., & Nuryani, N. (2020). Perkembangan Bahasa Pragmatik Pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Kajian Neurolinguistik. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(1), 21–36. https://doi.org/10.15408/jece.v2i1.15403

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosains.

Hajar, S., & Mulyani, S. R. (2017). Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan dan Inklusi Dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 4(2), 48.

Hayati, D. L. (2019). Pelayanan Khusus Bagi Anak dengan Attentions Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Inklusif. Prosiding Penelitian & Pengabdian Mayarakat, 6(1), 108–122.

Indriawati, P. (2013). Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pmbimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 01(01), 50.

Iswinarti, & Cahyasari, A. (2017). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Melalui Permainan Tradisional Engklek. Prosiding Temu Ilmiah X IIkatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 126–138.

Jones, S. M., Zaslow, M., Darling-Churchil, K. E., & Halle, T. G. (2016). Assessing early childhood social and emotional development: Key conceptual and measurement issues. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 42–48.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. kbbi.kemdikbud.go.id

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Raya Grafindo Persada.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2005). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 3rd Edition Terjemahan Tjetjep Rohindi. Sage Publication.

Moleong, L. J. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraeni, S., Nursofia, A., Lianty, L., Winarsih, M., Marja, & Yuliani, S. R. (2018). Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif. Dirjen PAUD dan Penmas, Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perlindungan Khusus bagi Anak Penyandang Disabilitas, (2017).

Priyanggasari, A. (2015). Peran Terapi Musik Terhadap Penyelesaian Matematis Pada Anak Dengan Simptom Gangguan Konsentrasi. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 1–17.

Rochyadi, E. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual Anak Tunaghraita. Dit PPTK & KPT.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Perkembangan Jilid 2. Erlangga.

Spencer TJ, Biederman J, M. E. (2007). Attentiondeficit/hyperactivity disorder: diagnosis, lifespan, comorbidities, and neurobiology. Ambulatory Pediatrics Association, 7(1), 73–81.

Stainback, W., Stainback, S., & Gregory, S. (1996). Learning Together in Inclusive Classrooms: What about the Curriculum? TEACHING Exceptional Children, 28(3), 14–119. https://doi.org/10.1177/004005999602800303

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat Sd. Humanitas, 13(1), 50. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3843

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secaraa Islami di Era milenial 4.0. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

UNESCO. (2005). Guidelines for Inclusion: Ensuring Access to Education for All.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats