Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
This study aims to describe the development of language literacy in early childhood, which is one of the skills needed in the 21st century. Early childhood is the focus of instilling 21st century skills because at this age it is the foundation age for the development of all aspects of child development. The development of aspects of child development will help children to have life skills and skills so that they can interact well in their environment. One aspect of child development that will help children in their interactions is language development. The method used in this research is literature review with sources of journals, articles and books. The literature review method was chosen with the aim of obtaining an in-depth theoretical picture of early childhood language literacy. Language literacy is one of the skills that must be possessed by early childhood. The results of the study found that the definition of language literacy is conventionally interpreted as literacy which has an effect on rigid development such as learning to read and write while sitting neatly and writing on the table. Nowadays, the definition of language literacy development has developed into literacy skills that are adapted to children's language development. Therefore, at the level of language literacy development in AUD, the expertise of teachers is needed in packaging learning and the school environment as a source and media for student learning.
Keywords: Literacy; Development of Language Literacy; Early Childhood.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan literasi berbahasa pada anak usia dini, yang merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada Abad 21. Usia dini menjadi fokus menanamkan kecakapan abad 21 karena pada usia ini merupakan usia pondasi pengembangan semua aspek perkembangan anak. Pengembangan aspek perkembangan anak akan membantu anak memiliki keterampilan dan kecakapan hidup agar dapat berinteraksi dengan baik di lingkungannya. Salah satu aspek perkembangan anak yang akan membantu anak dalam interaksinya adalah perkembangan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literature dengan sumber jurnal, artikel dan buku. Metode kajian literatur dipilih dengan tujuan mendapatkan gambaran teoritis secara mendalam tentang litarasi berbahasa anak usia dini. Literasi berbahasa merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh anak usia dini. Hasil kajian menemukan bahwa definisi literasi bahasa secara konvensional ditafsirkan sebagai kemampuan baca tulis berefek pada pengembangan yang kaku seperti belajar membaca dan menulis dengan duduk rapi dan menulis diatas meja. Pada zaman sekarang definisi pengembangan literasi bahasa mengalami perkembangan menjadi kemampuan baca tulis yang disesuaikan dengan perkembangan bahasa anak. Oleh sebab itu, dalam tataran pengembangan literasi bahasa pada AUD diperlukan kepiawaian guru dalam mengemas pembelajaran dan lingkungan sekolah sebagai sumber dan media belajar siswa.
Kata Kunci: Literasi; Pengembangan Literasi Berbahasa; Anak Usia Dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Dra, O., Raraswati, P., & Kelembagaan, M. A. P. K. (2013). Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.
Dewayani, S. (2019). Model Pembelajaran Literasi untuk Jenjang Pra baca dan Pembaca Dini. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Kemendikbud. (2014). Permen Kemendikbud No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Permen Kemendikbud, 2025(1679).
Nur Haliza, Eko Kuntarto, A. K. (2020). Jurnal Metabasa. Jurnal Metabasa, 2, 38–50.
Redhana, I. W. (n.d.). 2239 MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM.
Robingatin; Ulfah, Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (K. Shaleh (ed.); 1st ed.). Ar- Ruzz Media.
Safrizal, S. (2019). Adiwiyata; Model of Building Science Literacy of Basic School Students in 21St Century. PROCEEDING IAIN Batusangkar, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 277–282. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1319
Safrizal, Safrizal, Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tri Puji Astuti. (2007). Gambaran perkembangan literasi emergen anak taman kanak- kanak dengan alat ukur adaptasi Get ready To Read. 13.
UNESCO. (2017). Literacy Rates Continue to Rise from One Generation to the Next. Unesco, 2016(45), 5.
Yusuf, A. M. (2005). Metodologi Penelitian. UNP Press.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.