IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI RA MIFTAHUL HUDA PADA MASA PANDEMIC COVID-19

Tita Agustini, Zaharuddin Zaharuddin

Abstract


The purpose of this study was to find out how the Blended Learning method in Early Childhood was. The subject in this study was RA Mifatahul Huda in January 2021. This study used a qualitative research method with a case study approach, namely to find out a clear picture of the Blended Learning learning method. The results of this study indicate that the use of the Blended Learning learning method at RA Miftahul Huda is going well and is a learning method that can be implemented in schools during the COVID-19 pandemic which is spreading in Indonesia, especially in the village of Pasirmulya, Majalaya, Karawang. The use of the Blended Learning method at RA Miftahul Huda was positively responded by parents because many parents recommended it because with this way of learning face-to-face learning can be carried out.

Keywords: Blended Learning; Covid-19; Pandemic.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode Blended Learning pada Anak Usia Dini. Subjek pada penelitian ini adalah RA Mifatahul Huda pada bulan Januari 2021. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus yaitu untuk mengetahui gambaran jelas tentang metode pembelajaran Blended Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Blended Learning di RA Miftahul Huda berjalan dengan baik dan menjadi sebuah metode pemebelajaran yang dapat diimplementasikan di sekolah pada masa pandemic Covid-19 yang sedang menyebarluas di Indonesia khususnya di Desa Pasirmulya, Majalaya, Karawang. Penggunaan metode Blended Learning di RA Miftahul Huda direspons positif oleh orang tua karena banyak orang tua yang merekomendasikannya dengan cara pembelajaran tatap muka bisa dijalankan.

Kata Kunci:  Blended Learning; Covid-19; Pandemi.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Khoirulliati, K., & Farisia, H. (2020). TREND POLA ASUH ORANG TUA DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 109-119. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/155

Dwiyogo, Wasis D. (2011). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Makalah disampaikan pada Seminar dan Lokarkarya Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Blended Learning Model, FKM PPS Universitas Negeri Malang, 26 Maret 2011.

Eriani, E., & Amiliya, R. (2020). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. Mitra Ash-Shibyan, 3(01), 11-21. https://media.neliti.com/media/publications/323335-blended-learning-kombinasi-belajar-untuk-1dc9fad9.pdf

Dewi, C. A. (2012). Pengaruh Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia IKIP Mataram Tahun Akademik 2011/2012Pada Materi Pencemaran Lingkungan.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM. https://media.neliti.com/media/publications/269549-pengaruh-blended-learning-dalam-pembelaj-5c0c1f73.pdf

Fajriyah, L. (2020). Blended Learning Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, No. 1, pp. 207-217) https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/386 .

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Elya Umi Hanik, & Dita Ramadhani, A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Implementasi dari Blended Learning pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dI MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 115–130. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i2.1794

Heru Pratikno. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Penentuan Sekolah Bilingual Jenjang Paud Dan SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(Persepsi, Sekolah, Covid), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7994

Long, N. T., & Hanh, N. Van. (2020). A Structural Equation Model of Blended Learning Culture in the Classroom. International Journal of Higher Education, 9(4), 99. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n4p99

Pratikno, H. (2020). BUILDING AWARENESS OF RELIGIOUS EDUCATION IN FAMILIES IN THE DIGITAL AGE. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dib Unisba, 9(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6287

Putri, R. K., Purwanto, A., & Connie, C. (2021). Persepsi Peserta Didik dalam Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Fisika di Tingkat SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 430. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3978

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blendd learning). Malang: Prestasi Pustaka Raya.

Kusni, M. (2010). Implementasi sistem pembelajaran blended learning pada kuliah AE3121 getaran mekanik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika. In ITB, disajikan dalam Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke-9 Palembang (pp. 13-15). http://prosiding.bkstm.org/prosiding/2010/MII-002.pdf

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Mawadah, zakiyah. (2021). Implementasi model pembelajaran blended learning di kelas V sekolah dasar pada masa pandemi covid-19.

https://repository.unja.ac.id/15968/1/SKRIPSI%20FULL.pdf

Wasis D. Dwiyogo. (2018). pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT Raja Grafindi Persada.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.8512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats