Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini
Abstract
This study was conducted to provide an overview of how much influence parenting styles have on early childhood language development, using a qualitative descriptive method. The processing and data collection was carried out through observation, recorded documentation in the form of sound and notes. The subjects in the study were two 6-year-old girls from the same area with different parenting patterns. The research location is from Tambak Sumur I Hamlet, Tambaksari Village, Tirtajaya District, Karawang. With the result that parenting has a very important role for children's language development, because parents are evaluators for children to have knowledge about what is good and bad, appropriate and inappropriate language they use in everyday life especially at an early age.
Keywords: Parenting; Language Development; Early childhood.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk memberi gambaran tentang seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak usia dini, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pengolahan dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi berupa rekaman suara serta catatan. Subyek dalam penelitian yaitu dua anak perempuan usia 6 tahun dari daerah yang sama dengan pola pengasuhan yang berbeda. Lokasi penelitian dari Dusun Tambak Sumur I, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Karawang. Dengan hasil pola asuh memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan berbahasa anak, karena orang tua menjadi evaluator bagi anak agar memiliki pengetahuan tentang yang baik dan tidak baik, pantas dan tidak pantas bahasa yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari apalagi di usia dini.
Kata Kunci: Pola Asuh; Perkembangan Bahasa; Anak Usia Dini.
Full Text:
PDFReferences
Al Etivali, Adzroil Ula (2019). “Pendidikan Pada Anak Usia Dini.” Jurnal: Penelitian Medan Agama. 10(2):232-234.
Bredekamp & Copple, (2007). “Influences on Early Childhood Development.” Early Childhood Development Journal Vol.36 (137-139).
Depdikbud. (1996). Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas I dan II di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Disdakmen, Direktorat Pendidikan Dasar.
Dhinie, Nurbiana. (2005). Mengembangkan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Epstein, J. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: West View Press.
Handini, Myrnawati Crie (2012). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negri Jakarta: Jakarta
Hurlock, B, Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan, (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Igut Sulasmini, dkk. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Ilmiah Permas. 5(2). Kendal.
Lilis Sumaryanti, (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), hlm 88-89.
Maccoby,E.E & Mcloby, (2008). The Two Sexes: Growing up a Part, Coming Together. Cambridge: Harvard University Press.
Madyawati, Lilis, (2015). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Papalia DE, Olds SW, Feldeman RD. Perkembangan, Perkembangan Manusia, Buku Satu Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Humanika; 2013
Slavin, Robert E, diterjemahkan oleh Marianto Samosir. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.
Sumaryanti, L, (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), hlm 88-89.
Supartini Y. Buku Terbuka sedikit Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC; 2014
Tita Lestari, dkk. (2020). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra), 3(1), hlm 10-11.
Wood, Melody.,Zoo, San Antonio, (2013). “The Growing Culture of Nature Play.” International Journal of Early Childhood Environmental Education Vol.1 Number 1.
Yusuf, LN. S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.