KOMPETENSI PEBELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DASAR MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODA YUSRO
Abstract
The purpose of this study was to determine the competencies of teachers in learning basic reading of the Koran with the Yusro Method. This research has tested eleven basic rules of reading the Koran. This rule is a researcher's idea in constructing a new theory of basic learning in reading the Koran with a phonetic approach and basic recitation knowledge. The construction of the basic learning theory of reading the Koran is different from the construction of the previous theories. The research method used was descriptive method with purposive sampling technique for 86 TPA teachers in seven Kelurahans in Bungursari District, Tasikmalaya City, which were analyzed with quantitative and qualitative techniques. The findings of this study indicate that the concept of learning to read the Koran with the Yusro Method has resulted in the teachers competency score Sufficiently in accordance with the average value of all concepts offered by 40.33% of the highest score of 100%.
Keywords: The Teacher Competence; Yusro Method; Quite Appropriate.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pebelajar dalam pembelajaran dasar membaca Al-Qur’an dengan Metoda Yusro. Penelitian ini telah menguji cobakan sebelas kaidah dasar membaca Al-Qur’an. Kaidah ini merupakan gagasan peneliti dalam mengkonstruksi teori baru pembelajaran dasar membaca Al-Qur’an dengan pendekatan fonetik dan ilmu tajwid dasar. Konstruksi teori pembelajaran dasar membaca Al-Qur’an ini berbeda dengan konstruksi teori sebelumnya. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda deskriptif dengan teknik purposive sampling terhadap 86 guru TPA di tujuh Kelurahan di Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya yang dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan Metoda Yusro telah menghasilkan nilai kompetensi guru Cukup Sesuai dengan nilai rata-rata dari semua konsep yang ditawarkan sebesar 40,33% dari nilai tertinggi 100%.
Kata Kunci: Kompetensi Pebelajar; Metoda Yusro; Cukup Sesuai.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2014), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Adelia , M., Armila, D., Syaifullah, M., Putri, R. M., & Annisa, E. (2022, Juli 03). Upaya Guru dalam Mengatasi KEsulitan Siswa SD dalam Membaca Al-Qur'an di Yayasan Sabilul Khayr Al Ibana. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4). doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5179
Albantani, Azkia Muharam. (2019), Pendekatan Fonetik, Kontrastif, dan Komu-nikatif dalam Pengajaran Memaca Al-Qur’an, Banten: Jurnal Alvaz, Vol. 7 No. 2.
Al-Shabuni, Muhammad Ali. (1981), Mukhtashar Tafsir Ibn Katsir Jld. 2, Berut: Dar Al-Qur’an al-Karim.
Asy'ari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Qur'an. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Nidhomul Haq0, 1(1), 21-28.
Badri, Kamal Ibrahim. (1988), Ilm al-Lughah al-Mubarmaj, al-Ashwāt wa al-Nizhām al-Shautī Muthabiqan ‘ala al-Lughah al-‘Arabiyah, Riyadh: ‘Imādah Syu’ūn al-Maktabāt Jāmiah al-Malik Su’ūd.
Bainar. (2019, Juli-Desember). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam terhadap Kurikulum. Al-Mutharahah, 16(2). Retrieved from http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah
Duke , N. K., & Cartwright, K. B. (2021). The Science of Reading Progresses: Communicating Advances Beyond the Simple View of Reading. Reading Research Quarterly, 56(S1), S25-S44.
E. Mulyasa. (2014), Kurikulum Berbasis Kompe-tensi: Konsep, Karakteristik, dan Imple-mentasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elprida Sri Karina, Sujana I Wayan, Tirtayani Luh Ayu. (2018), Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Perilaku Disiplin Pada Anak Usia Dini Kelompok B, Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Journal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6 No. 1.
Hakim, L., & Hafidhuddin, D. (2019, April). Perbandingan Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Metode Sedayu dan Metode Iqro pada Usia Anak-anak. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 114-133. doi:doi:http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1523
Harahap, A. S. (2021, Juli-Desember). Bahasa Arab, Asal Usulnya, Faktir yang Mempengaruhi Perkembangan dan Karakteristiknya. Jurnal Hukumah, 4(2).
Humam, As’ad. (2000), IQRO Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Yogya-karta: Balai Litbang LPTQ Nasional.
Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur'an dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadits, 2(2), 143-167. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/mashdar
Prime, H., Andrews, K., Harris, M., Janus, M., Bennet, T., & Gonzalez, A. (2021). The Application of Positive Parenting Interventions to Academic School Readiness: A Scoping Review. Child: Care, Health and Development, 47(1), 1-14.
Rohmawati, A. (2015, April). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1). doi:https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Ruhaena, L. (2008, Agustus). Pengaruh Metode Pembelajan Jolly Phonics terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 192-206.
Salinan Undang Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 ayat 10.
Samak, Muhammad Shalih. (1979), Fan al-Tadrīs li al-Tarbiyah al-Lughawiyah, Kairo: Maktabah al-Anjlu al-Mishriyah.
Saetban, A. A. (2021). Fektor Penghambat Siswa Sekolah DAsar dalam MEningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 58-66.
Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, IAIN Walisongo Semarang: Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 1.
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbasa. Bandung. Penerbit Angkasa.
Tolchah, M. (2015, November). Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis dalam Pengembangan Kurikulum. Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, 11(2), 381-398. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.274
Ubaid, Majdi. (2019), Langkah Mudah Menghapal Al-Qur’an, Solo: PT Aqwam Media Profetika.
Zuchdi, Darmiyati. (2008). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca (Peningkatan Komprehensi). Yogyakarta:UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.8697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.