Kalah, Tapi Bisa Menang Strategi Kampanye Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar

Eli Siti Wasliah

Abstract


Abstrak. Strategi kampanye wajib dilakukan dalam sebuah pemilihan umum. Mulai dari pemilu presiden hingga pemilu kepala daerah. Ini dilakukan untuk memenangkan pertarungan tersebut. Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar merupakan salah satu kandidat dari lima kandidat dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013. Kandidat nomor 4 ini menyusun strategi yang sungguh-sungguh dalam Pilgub Jawa Barat. Harapannya adalah bisa memenangkan Pilgub Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan membandingkan antara konsep strategi kampanye persuasif Richad M. Perloff dengan strategi kampanye pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode penelitian menggunakan kualitatif dan pendekatannya studi kasus. Subjek penelitian adalah pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dan objek penelitiannya adalah komunikasi politik kampanye Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Teori yang digunakan adalah Teori Identitas, Teori Logika Penyususnan Pesan, dan Teori Dialogis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan ketekunan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Steategi memilih komunikator, memilih pesan, dan mengajak khalayak untuk berpikir dalam kampanye Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dalam Pilgub Jawa Barat tahun 2013 sesuai dengan yang dikemukakan oleh strategi kampanye persuasive Richard M. Perloff. Sementara itu faktor kemenangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dalam Pilgub Jawa Barat karena melaksanakan lima strategi, dampak dari perpolitikan nasional, dan pasrah dengan siap menang dan siap kalah. Kesimpulannnya bahwa strategi kampanye yang dilakukan dengan konsep yang jelas bisa menghasilkan kemenangan dalam pemilu.

Kata Kunci: Strategi Kampanye


References


Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik Konsep, Teori, dan Strategi. Bandung: Rajawali Press.

Ardianto, Elvinaro, Bambang Q-Anees. 2014. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Heryanto, Gungun dan Sulhan Rumaru. 2013. Komunikasi Politik, Sebuah Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.