Promosi Foto Melalui Media Sosial (Studi kasus mengenai Promosi “Ekologi Rumah Foto” Melalui Media Sosial)

Ganjar Kurniawan Ramdani

Abstract


Abstrak. Dewasa ini kebutuhan akan informasi sangatlah penting, terutama dengan munculnya internet yang memberikan banyak kemudahan, salah satu hal yang bisa digunakan dengan memanfaatkan internet adalah proses promosi, karena promosi tidak lagi hanya mengandalkan dari media cetak atau media elektronik yang biasanya digunakan. Tapi bisa menggunakan internet yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat yaitu media sosial.Ekologi Rumah Foto memanfaatkan hal ini dengan melakukan promosi melalui media sosial facebook, twitter,  dan instagram. Hal ini bertujuan agar bisa menarik konsumen untuk menggunakan jasa/produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyajian pesan, manfaat promosi melalui media sosial, serta faktor penghambat.Penelitian tentang promosi Ekologi Rumah Foto melalui media sosial dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang mendeskripsikan secara jelas dan terperinci, serta mendapatkan data yang mendalam dari kasus yang diteliti.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, kepustakaan. Yang menjadi key informan penelitian adalah Bapak Agus Hanjoyo selaku owner/pemilik yang juga berperan sebagai admin dari media socialdanBapak Agung selaku fotografer dan admin 2.Hasil penelitian dari promosi Ekologi Rumah Foto melalui media sosial adalah. Penyajian pesan berupa latar belakang penggunaan media sosial serta mengetahui isi pesan media sosial. Faktor penghambat promosi melalui media sosial, iklan luar yang mengganggu, perhatian yang dibutuhkan lebih banyak, diperlukan update secara berkala, tidak semua orang menggunakan media sosial, proses penyampaian informasi yang terbatas.

Kata kuncis : sosial media, promosi, foto.


References


Elvinaro, dan Bambang, 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran .Jakarta: Erlangga.

Hidayat, Syarifudin. 2002. Metode Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Lupiyoadi, Rambat.2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial. Bandung: Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.