Pola Komunikasi Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal dalam Mendidik Anak

Yanti Tayo

Abstract


Abstract. Since every parent has different communication pattern when they are interacting with their children, this study discusses how communication pattern is constructed  by single parents in educating their children. The aims of this study are to  find  out:  (1)  how  mothers  as  single  parents  express  education  values  in  the family; (2) the mother's social reality objective as single parent in determining communication   pattern  for  her  children;   (3)  how  the  mother's  communication pattern  is  internalized   by  the  children;  (4)  how  the  communication   pattern  of mothers as single parents in educating their children form certain behaviors that are shown  by  the  children.  Qualitative   approach  and  communication   ethnographic method  are  applied  in  this  study.  The  study  follows  Peter  L.  Berger's  social construction  theory and Schneider's self-adaptation  theory. The result finds out that as  single  parents,  mothers  form  the  communication  pattern  through  the externalization of family education values, social objective reality, and meaningful internalization,  while the behaviors shown by the children are altered through their mothers' communication  habit.

 

Keywords: single mothers, communication  pattern, children.

 

 

 

Abstrak.  Penelitian  ini  membahas  tentang  pola  komunikasi  yang  dilakukan  oleh orang tua tunggal dalam mendidik anak, karena setiap orang tua memiliki pola komunikasi yang berbeda dengan anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui:(1) ibu sebagai orang tua tunggal dalam mengekspresikan nilai-nilai pendidikan keluarga;(2) realitas sosial objektif ibu sebagai orang tua tunggal dalam menetapkan  pola komunikasi  pada anak;(3) pola komunikasi ibu sebagai orang tua tunggal diinternalisasi  oleh anak;(4) pola komunikasi ibu sebagai orang tua tunggal dalam mendidik anak sehingga membentuk perilaku yang ditampilkan. Dengan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi komunikasi. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan teori penyesuaian diri Schneider. Hasil  dari  penelitian  ini,  telah  diperoleh  temuan  bahwa  ibu  sebagai  orang  tua tunggal,  ibu  menanamkan  pola  komunikasi  melalui  ekternalisasi  nilai-nilai pendidikan  keluarga,  objektif  realitas  sosial,  internalisasi  yang  dimaknakan  dan perilaku yang ditampilkan dibentuk melalui kebiasaan komunikasi ibu pada anak.

 

Kata kunci : ibu tunggal, pola komunikasi, anak.


References


Berger, Peter L & Thomas luckman,

Diterjemahkan oleh Basari,

Hasan. 1990.Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Sebuah Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta : LP3ES

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ruben, Brent D & Stewart, Lea P. Kata Pengantar : Ibnu Hamad, 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Edisi Kelima. Jakarta : Rajawali Pers.

Sutopo. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press

. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.