Pola Komunikasi Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal dalam Mendidik Anak
Abstract
Abstract. Since every parent has different communication pattern when they are interacting with their children, this study discusses how communication pattern is constructed by single parents in educating their children. The aims of this study are to find out: (1) how mothers as single parents express education values in the family; (2) the mother's social reality objective as single parent in determining communication pattern for her children; (3) how the mother's communication pattern is internalized by the children; (4) how the communication pattern of mothers as single parents in educating their children form certain behaviors that are shown by the children. Qualitative approach and communication ethnographic method are applied in this study. The study follows Peter L. Berger's social construction theory and Schneider's self-adaptation theory. The result finds out that as single parents, mothers form the communication pattern through the externalization of family education values, social objective reality, and meaningful internalization, while the behaviors shown by the children are altered through their mothers' communication habit.
Keywords: single mothers, communication pattern, children.
Abstrak. Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua tunggal dalam mendidik anak, karena setiap orang tua memiliki pola komunikasi yang berbeda dengan anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui:(1) ibu sebagai orang tua tunggal dalam mengekspresikan nilai-nilai pendidikan keluarga;(2) realitas sosial objektif ibu sebagai orang tua tunggal dalam menetapkan pola komunikasi pada anak;(3) pola komunikasi ibu sebagai orang tua tunggal diinternalisasi oleh anak;(4) pola komunikasi ibu sebagai orang tua tunggal dalam mendidik anak sehingga membentuk perilaku yang ditampilkan. Dengan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi komunikasi. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan teori penyesuaian diri Schneider. Hasil dari penelitian ini, telah diperoleh temuan bahwa ibu sebagai orang tua tunggal, ibu menanamkan pola komunikasi melalui ekternalisasi nilai-nilai pendidikan keluarga, objektif realitas sosial, internalisasi yang dimaknakan dan perilaku yang ditampilkan dibentuk melalui kebiasaan komunikasi ibu pada anak.
Kata kunci : ibu tunggal, pola komunikasi, anak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Berger, Peter L & Thomas luckman,
Diterjemahkan oleh Basari,
Hasan. 1990.Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Sebuah Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta : LP3ES
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ruben, Brent D & Stewart, Lea P. Kata Pengantar : Ibnu Hamad, 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Edisi Kelima. Jakarta : Rajawali Pers.
Sutopo. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press
. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press
DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4181
Refbacks
- There are currently no refbacks.