Pengaruh Cita Merek terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Orthopaedi Rumah Sakit Khusus Bedah Halmahera Siaga - Bandung
Abstract
Abstract. This study aims to determine the effect of brand image on the loyalty of patients who come for treatment to the Polyclinic Orthopaedics RSKB Halmahera Siaga, Bandung. This type of research used is quantitative research with the research method using descriptive analysis and path analysis. The population used in this study were patients who went to the policlinic Orthopaedic Halmahera Siaga Hospital Special Surgery, Bandung with a sample of 224 orang. Teknik Proportional sampling is stratified random sampling process whereas the members of the sample population was randomly with regard strata in the population three orthopedic policlinic at the Halmahera Siaga Hospital Special Surgery, Bandung. Descriptive statistical calculations research results show that the variable types used brand associations is categories good., the favorability of brand association is categorized quite good, the strength of the association of brands is categories good, the uniqueness of brand associations association is categories good and loyalty of patients included in category quite good. Verification The results partially used type of brand association and uniqueness of brand associations significant effect on patient loyalty, but for the favorability of brand association and brand association strength was not significantly affect patient loyalty, simultaneously while the brand image significantly influence loyalty patients.
Keywords: Brand image, Patient Loyalty, Polyclinics
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas pasien yang datang berobat ke Poliklinik Orthopaedi RSKB Halmahera Siaga, Bandung. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat ke poliklinik Orthopaedi RS Khusus Bedah Halmahera Siaga, Bandung dengan jumlah sampel
224 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Stratified Random Sampling dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak dengan memperhatikan strata dalam populasi tiga poliklinik orthopaedi di RS Khusus Bedah Halmahera Siaga, Bandung. Hasil penelitian perhitungan statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel jenis asosiasi merek yang digunakan termasuk dalam kategori baik., keunggulan asosiasi merek termasuk dalam kategori cukup baik, kekuatan dari asosiasi merek termasuk dalam kategori baik, keunikan dari asosiasi merek termasuk dalam kategori baik dan loyalitas pasien termasuk dalam kategori cukup baik .Hasil verifikatif secara parsial jenis asosiasi merek yang digunakan dan keunikan dari asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, namun untuk keunggulan asosiasi merek dan kekuatan asosiasi merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien sedangakan secara simultan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien.
Kata kunci: Citra Merek, Loyalitas Pasien, Poliklinik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Sabarguna, BoyTesis. Pengaruh physical support terhadap contact personnel pada Rumah Sakit Umum di Sumatera Barat.
Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity Second Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity Third Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Rangkuti, Freddy . Strategi Promosi yang Kreatif dan AnalisisKasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama. Jakarta .
DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4183
Refbacks
- There are currently no refbacks.