Pengaruh Cita Merek terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Orthopaedi Rumah Sakit Khusus Bedah Halmahera Siaga - Bandung

Bernadheta Echalaksmidewi Yudhasari Sukowati

Abstract


Abstract.  This study aims to determine  the effect of brand image on the loyalty  of patients  who come for treatment  to the Polyclinic  Orthopaedics  RSKB Halmahera Siaga,  Bandung.   This  type  of  research  used  is  quantitative   research  with  the research method using descriptive  analysis and path analysis. The population  used in this study were patients who went to the policlinic Orthopaedic  Halmahera Siaga Hospital  Special  Surgery,  Bandung  with  a sample  of 224  orang.  Teknik Proportional  sampling is stratified random sampling process whereas the members of the sample population was randomly with regard strata in the population three orthopedic policlinic at the Halmahera Siaga Hospital Special Surgery, Bandung. Descriptive  statistical  calculations  research  results  show  that  the  variable  types used brand associations  is categories good., the favorability  of brand association is categorized  quite good, the strength of the association of brands is categories good, the uniqueness of brand associations association is categories good and loyalty of patients included in category quite good.  Verification The results partially used type of  brand  association  and  uniqueness  of  brand  associations  significant  effect  on patient loyalty, but for the favorability of brand association and brand association strength was not significantly affect patient loyalty, simultaneously while the brand image significantly influence loyalty patients.

 

Keywords: Brand image, Patient Loyalty, Polyclinics

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh citra merek terhadap loyalitas  pasien  yang  datang  berobat  ke Poliklinik  Orthopaedi  RSKB  Halmahera Siaga,  Bandung.  Jenis  penelitian  digunakan  adalah  penelitian  kuantitatif  dengan metode penelitian menggunakan  analisis deskriptif dan analisis jalur. Populasi yang di   gunakan   dalam   penelitian   ini   adalah   pasien   yang   berobat   ke   poliklinik Orthopaedi  RS Khusus  Bedah  Halmahera  Siaga,  Bandung  dengan  jumlah  sampel

224 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional  Stratified Random Sampling dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak dengan  memperhatikan   strata  dalam  populasi  tiga  poliklinik  orthopaedi   di  RS Khusus Bedah Halmahera Siaga, Bandung. Hasil penelitian perhitungan statistik deskriptif   menunjukkan   bahwa   variabel   jenis   asosiasi   merek   yang   digunakan termasuk dalam kategori baik., keunggulan asosiasi merek termasuk dalam kategori cukup baik, kekuatan  dari asosiasi  merek termasuk  dalam  kategori  baik, keunikan dari asosiasi  merek   termasuk  dalam  kategori  baik dan loyalitas  pasien  termasuk dalam  kategori  cukup  baik  .Hasil  verifikatif  secara  parsial    jenis  asosiasi  merek yang digunakan  dan keunikan dari asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas  pasien,  namun  untuk  keunggulan  asosiasi  merek  dan  kekuatan  asosiasi merek  tidak  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  loyalitas  pasien  sedangakan secara  simultan  citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien.

 

Kata kunci: Citra Merek, Loyalitas Pasien, Poliklinik


References


Sabarguna, BoyTesis. Pengaruh physical support terhadap contact personnel pada Rumah Sakit Umum di Sumatera Barat.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity Second Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity Third Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Rangkuti, Freddy . Strategi Promosi yang Kreatif dan AnalisisKasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama. Jakarta .




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.