Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Kindikota Pekanbaru Kecamatan Tenayan Raya

Ady Putra Siregar

Abstract


Abstract.   SDIT   Al  Kindi   Pekanbaru   is  one   of  the  schools   that   successfully implemented  character  building  through  habituation  method.  Based  on the background,   this   study   aims   to   examine   the   planning,   implementation,    and assessment of character building through the habituation method in SDIT Al Kindi Pekanbaru  City  and examine  the supporting  and inhibiting  factors.  The  research method used is descriptive method with qualitative approach. Data collection is conducted through interview, observation and documentation. The research result showed that, the plannimg  process of character building  program  is started before the new school year through the official meeting attended by the vice principals and all the teachers and administrative staff to formulate and arrange the program, determine  the  habituation   guidance  to  for  teachers  to  follow  in  the  field.  The formulation  of the curriculum  is integrated with the method of habituation  which is composed  based on the content  of the Qur'an  and Sunnah  of Prophet  Muhammad SAW and daily manners based on Islamic teaching. In the implementation  process, character building through the habituation method in SDIT AL-Kindi has been integrated  with  daily  activities  in  school,  integrated  with  all  subjects  and  also integrated with spontaneous daily activities of students both at school and outside school. SDIT Al Kindi compiled a daily activities agenda that contain the activities of habituating students practicing worship and practicing the Sunnah of the Prophet Muhammad. In the evaluation phase, SDIT Al Kindi School conducts evaluation periodically   through  assessment  of  student  attitude  and  behaviour  pattern  and evaluated from success indicators of habituation program such as guest satisfaction, parental satisfaction, report of homeroom and wakasis, teacher report of study area, on local communities  report  and a surge in new students'  acceptance.  Supporting factor  of habituating  program  success  is the  parity  of  vision  and  mission  of the school  and  parents,  as  well  as  the  parents  support  in  the  implementation   of character education. While the inhibiting factors are the limited human resources, limited funds and the uncontrollable students’s environment outside school.

Keywords  :  The  Management   Of  Character  Education  Through  The  Costum Method.

Abstrak.  SDIT  Al  Kindi  Kota  Pekanbaru   merupakan   salah  satu  sekolah  yang berhasil menerapkan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan,   dan  penilaian  pendidikan  karakter  melalui  metode  pembiasaan  di SDIT Al Kindi Kota Pekanbaru serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya.   Metode   penelitian   yang   digunakan   adalah   metode   deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi  serta  dokumentasi.  Berdasarkan  hasil  penelitian  diketahui  bahwa  pada proses  perencanaan  program  pendidikan  karakter  dimulai  dilaksanakan  sebelum tahun ajaran baru melalui rapat dinas yang dihadiri para wakil kepala sekolah dan semua guru serta staf tata usaha untuk merumuskan dan menyusun program, menentukan  panduan pembiasaan   untuk menjadi pedoman  para guru di lapangan. Perumusan kurikulum diintegrasikan dengan metode pembiasaan yang disusun berdasarkan  kandungan  Al Qur’an  dan Sunnah  Rosulullah  serta adab sehari-hari dalam Islam. Pada proses pelaksanaan, pendidikan karakter melalui metode pembiasaan  di  SDIT  Al  Kindi  telah  terintegrasi  dengan  kegiatan  sehari-hari  di sekolah, terintegrasi dengan semua mata pelajaran dan juga terintegrasi dengan kegiatan spontan siswa sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah. SDIT Al Kindi  menyusun  agenda  kegiatan  sehari-hari   yang  berisi  kegiatan  pembiasaan siswa menjalankan ibadah dan menjalankan Sunnah Nabi Muhammad. Pada tahap evaluasi,   Sekolah   SDIT   Al  Kindi   melakukan   evaluasi   secara   berkala   melalui penilaian  terhadap  pola  sikap  siswa  dan  ditinjau  dari  indikator-indikator keberhasilan program pembiasaan indikator tersebut antara lain kepuasan tamu, kepuasan  orang  tua, laporan  wali kelas  dan wakasis,  laporan  guru bidang  studi, laporan masyarakat setempat dan lonjakan penerimaan peserta didik baru.Faktor- faktor pendukung keberhasilan antara lain kesamaan visi dan misi sekolah dengan orang tua, serta dukungan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Sedangkan  faktor  penghambat  adalah  keterbatasan  sumber  daya  manusia, keterbatasan dana serta pergaulan siswa di lingkungan luar sekolah yang sulit terkontrol.

Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan.

References


Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja RosdaKarya

Koesoema, Doni A. 2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo

Muslich, Masnuh. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Shihab, Quraish. 1994. MembumikanAl-Qur’an. Bandung: Mizan

Sa’ud, Udin. 2007. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Suardi, Edi. 2011. Pedagogik 2, Sistem dan Tujuan Pendidikan. Bandung: Angkasa

Sudjana, Nana. 2009. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiyani, Ardy. 2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.