CITRA POLITIK DALAM MEME (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Terhadap Meme Agus Harimurti Yudhoyono Sebagai Kandidat Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 di Forum Diskusi https://kaskus.co.id)

kurnia purnawati

Abstract


Agus Harimurti Yudhoyono sebagai kandidat dalam Pilkada DKI Jakarta disorot publik karena kemunculannya yang tiba-tiba di dunia politik, melalui berbagai cara dan media, salah satunya menggunakan meme politik di forum diskusi maya Kaskus. Sejumlah meme tentang Agus diproduksi dan disebarkan dalam forum tersebut sehingga mengundang respon masif baik dari warganet pendukung maupun bukan pendukung Agus. Penelitian kualitatif ini menganalisis meme tentang Agus yang berada dalam forum tersebut, menggunakan pendekatan Analisis Semiotika (Charles Sanders Peirce) dan Teori Simbol (Susanne Langer), agar dapat menginterpretasikan meme guna mencari makna melalui segitiga makna, isi pesan, serta citra politik Agus yang tergambar dalam meme politik. Hasil penelitian ini menunjukkan meme tersebut memiliki makna, isi pesan, dan citra politik Agus sebagai figur yang masuknya ke dalam dunia politik karena tekanan kepentingan politik Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Partai Demokrat, sehingga mmpengaruhi citra politik Agus.

Kata Kunci : Meme Agus Harimurti Yudhoyono, Analisis Semiotika Peirce, Citra Politik


References


Alex Sobur, Analisis Teks Media, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012.

Aubrey Fisher, Teori-Teori Komunikasi, CV. Remadja Karya, Bandung, 1986.

Bogdan, R. and Taylor, S.J, Introduction to Qualitative Research Methode, John Willey and Sons, New York, 1975.

Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, Rajawali Press, Jakarta, 2006.

Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2014.

Lia Anggraini S. dan Kirana Nathalia, Desain Komunikasi Visual, Nuansa Cendekia, Bandung, 2016.

Limor Shifman, Memes in Digital Culture, The MIT Press, Massachusette, 2013.

____________, Memes in a Digital World: Reconciling with a Conceptual Troublemaker, Jurnal, Journal of Computer-Mediated Communication Vol. 18 Issue 3 (http://onlinelibrary.wiley.com), 2013.

Richard Dawkins, The Selfish Genes. Oxford University Press, England, 2002.

http://kpujakarta.go.id/berita, tanggal 24 Oktober 2016 “Rapat Pleno Terbuka KPU DKI Jakarta Hari Ini Tetapkan Pasangan Calon Peserta Pilgub 2017”




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.