PENGARUH ISLAMIC SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH

liya setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Islami dan Brand image terhadap Kepuasan nasabah, studi kasus pada Bank Republik Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Induk Citarum, Bandung. Kualitas layanan Bank syariah di Indonesia masih menghadapi beberapa kendala antara lain pemahaman sumber daya manusia tentang syariah yang masih kurang dan keterbatasan jaringan kantor sehingga pangsa pasar perbankan syariah di indonesia baru mencapai 4.83%. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif. Alat analisa yang digunakan adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung Islamic Service Quality dan Brand Image terhadap kepuasan nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 100 nasabah dengan teknik pengumpulan mengunakan Accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial Islamic Service Quality dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Islamic service quality lebih besar pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah dibandingkan brand image terhadap kepuasan nasabah, saran peneliti untuk BRI Syariah agar senantiasa mengelola atau menjalankan strategi kualitas pelayanan para Front Officer dengan dinamis, tidak baku dan disesuaikan kondisi yang terjadi namun tetap dilandasi dengan nilai-nilai keislaman, tanpa unsurnya riba. Sehingga meskipun kondisi di lapangan bersifat dinamis, namun pencapaian visi BRI Syariah sebagai bank syariah terpercaya dapat tercapai dengan baik.

Keywords : islamic service quality, brand image, kepuasan nasabah


References


Al Qur’an dan Terjemahannya. 2005.

SyamilAl Qur’an. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2000.

“Bank Syariah: Dari Teori Ke

Praktik”. Jakarta: Gema Insani

Press

Bank Indonesia. 2002

Cetak biru “Pengembangan perbankan syariah di Indonesia” diakses tanggal 1 September 2017 dari https://www.bi.go.id/id/ruang media /siaran.../cetakbirups.pdf

Bawono Anton. 2006.

“Multivariate Analysis dengan

SPSS”. Salatiga: STAIN Salatiga

Press.

Bapenas. 2016

Masterplan Arsitektur Keuangan

Syariah Indonesia, diakses tanggal

Agustus 2017 dari https://www. bappenasgo.id/files/ulikasi_utam

Masterplan%20Ar

itektur%20Keuangan%20Syariah

Indonesia.pdf

BRI Syariah. 2017

Diakses tanggal 20 September 2017

https://www.brisyariah.co.id/tenta

g_kami.php?f=sejarah

Siregar Mulya. 2016

Dewan pengawas Otoritas Jasa

Keuangan, diakses tanggal 15 Agustus 2017 dari https://www. antaranews com/berit /546856/ojk-pangsa pasar perbankan-syariah 487.

Fandy Tjiptono. 2004

“Strategi Pemasaran”, edisi kedua,

Yogyakarta : Andi

Husein Umar. 2007

“Metode Penelitian Untuk Skripsi

Dan Tesis Bisnis”, Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada

Kotler dkk, 2000

Manajemen Pemasaran, Perspektif

Asia. Yogyakarta : Andi

Othman, A & L. Owen, 2001

“AdoptingAnd Measure Customer

Service Quality (SQ) in Islamic Banks: A Case Study in Kuwait Finance House”, International Journal of Islamic Financial Services Vol.3 No.1 diakses pada tanggal 28 Juli 2017 dari https://pdfs.semanticscholar.org/15fc/adfff972d487c2dd1dfe853bc0e99608532e.pdf

World Muslim Population, 2017

http://www.pewforum.org/2011/0/ 27/table-muslim-population- bycountry/. diakses Tanggal 7

Agustus 2017.

Zeithaml, L. Valerie A., Parasuraman,

A.,Berry, Leonardo L., 1988,

“Servqual; A Multiple Item Scale

for Measuring Consumer

Perception of Service Quality”,

Journal and Retailing, Vol. 64,

Spring, pg. 12-40. Diakses pada

tanggal 13 Agustus 2017 dari http://ejournal.upi.edu/index.php/

db/article/view/13094/7740




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.