PENGARUH ISLAMIC SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Islami dan Brand image terhadap Kepuasan nasabah, studi kasus pada Bank Republik Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Induk Citarum, Bandung. Kualitas layanan Bank syariah di Indonesia masih menghadapi beberapa kendala antara lain pemahaman sumber daya manusia tentang syariah yang masih kurang dan keterbatasan jaringan kantor sehingga pangsa pasar perbankan syariah di indonesia baru mencapai 4.83%. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif. Alat analisa yang digunakan adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung Islamic Service Quality dan Brand Image terhadap kepuasan nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 100 nasabah dengan teknik pengumpulan mengunakan Accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial Islamic Service Quality dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Islamic service quality lebih besar pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah dibandingkan brand image terhadap kepuasan nasabah, saran peneliti untuk BRI Syariah agar senantiasa mengelola atau menjalankan strategi kualitas pelayanan para Front Officer dengan dinamis, tidak baku dan disesuaikan kondisi yang terjadi namun tetap dilandasi dengan nilai-nilai keislaman, tanpa unsurnya riba. Sehingga meskipun kondisi di lapangan bersifat dinamis, namun pencapaian visi BRI Syariah sebagai bank syariah terpercaya dapat tercapai dengan baik.
Keywords : islamic service quality, brand image, kepuasan nasabah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Qur’an dan Terjemahannya. 2005.
SyamilAl Qur’an. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2000.
“Bank Syariah: Dari Teori Ke
Praktik”. Jakarta: Gema Insani
Press
Bank Indonesia. 2002
Cetak biru “Pengembangan perbankan syariah di Indonesia” diakses tanggal 1 September 2017 dari https://www.bi.go.id/id/ruang media /siaran.../cetakbirups.pdf
Bawono Anton. 2006.
“Multivariate Analysis dengan
SPSS”. Salatiga: STAIN Salatiga
Press.
Bapenas. 2016
Masterplan Arsitektur Keuangan
Syariah Indonesia, diakses tanggal
Agustus 2017 dari https://www. bappenasgo.id/files/ulikasi_utam
Masterplan%20Ar
itektur%20Keuangan%20Syariah
Indonesia.pdf
BRI Syariah. 2017
Diakses tanggal 20 September 2017
https://www.brisyariah.co.id/tenta
g_kami.php?f=sejarah
Siregar Mulya. 2016
Dewan pengawas Otoritas Jasa
Keuangan, diakses tanggal 15 Agustus 2017 dari https://www. antaranews com/berit /546856/ojk-pangsa pasar perbankan-syariah 487.
Fandy Tjiptono. 2004
“Strategi Pemasaran”, edisi kedua,
Yogyakarta : Andi
Husein Umar. 2007
“Metode Penelitian Untuk Skripsi
Dan Tesis Bisnis”, Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada
Kotler dkk, 2000
Manajemen Pemasaran, Perspektif
Asia. Yogyakarta : Andi
Othman, A & L. Owen, 2001
“AdoptingAnd Measure Customer
Service Quality (SQ) in Islamic Banks: A Case Study in Kuwait Finance House”, International Journal of Islamic Financial Services Vol.3 No.1 diakses pada tanggal 28 Juli 2017 dari https://pdfs.semanticscholar.org/15fc/adfff972d487c2dd1dfe853bc0e99608532e.pdf
World Muslim Population, 2017
http://www.pewforum.org/2011/0/ 27/table-muslim-population- bycountry/. diakses Tanggal 7
Agustus 2017.
Zeithaml, L. Valerie A., Parasuraman,
A.,Berry, Leonardo L., 1988,
“Servqual; A Multiple Item Scale
for Measuring Consumer
Perception of Service Quality”,
Journal and Retailing, Vol. 64,
Spring, pg. 12-40. Diakses pada
tanggal 13 Agustus 2017 dari http://ejournal.upi.edu/index.php/
db/article/view/13094/7740
DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4972
Refbacks
- There are currently no refbacks.