“Efektifitas Metode Funcalistung Dalam Menumbuhkan Minat dan Kegemaran Mengenal Huruf Dan Angka (Studi Kualitatif Di Kelompok B TK Cahaya Indonesia Cimahi )”.

ika rustika zainah

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya  pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Aspek kognitif adalah salah satu kompetensi dasar yang merupakan aspek yang harus dikembangkan pada usia 5-6 tahun dikarenakan hal tersebut merupakan dasar dari kemampuan prabaca dan prahitung yang mempunyai peran penting dalam melanjutkan ke jenjang Sekolah dasar (SD).

 

Kenyataan di lapangan para orang tua murid PAUD mempunyai tuntutan  kepada para pengelola dan guru PAUD untuk dapat mengajarkan materi membaca, menulis, berhitung pada anak anaknya. Hal ini menjadi sebuah tantangan kepada guru PAUD untuk menguasai metode yang tepat dalam menyampaikan materi membaca dan berhitung yang menyenangkan buat anak sehingga anak tidak merasa terpaksa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Untuk itu maka peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian tentang sejauh mana efektifitas metode Funcalistung dalam menumbuhkan minat dan kegemaran mengenal huruf dan angka di kelompok TK Cahaya Indonesia.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti berupaya mendeskripsikan hasil dari observasi dalam hal strategi khusus, peran guru, media pembelajaran dan suasana yang tercipta ketika     kegiatan belajar yang menggunakan metode Funcalistung di kelompok B TK cahaya Indonesia, serta mewawancara kepala sekolah, guru kelompok B dan Orangtua siswa.

 

Hasil penelitian : pertama: strategi khusus yang digunakan adalah dengan menggunakan materi yang sesuai dengan tujuan, kedua: peran guru yang berpartisipasi aktif, ketiga: media yang bervariatif dengan trik-trik khusus dalam penggunaanya, keempat: menciptakan suasana siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Implementasi : pertama: guru dapat menerapkan strategi khusus dalam memotivasi siswa, kedua: guru lebih meningkatkan kemampuan dalam membuat perencanaan dan strategi pembelajaran serta berpartisipasi aktif dalam mengajar, ketiga: media pembelajaran dibuat semenarik mungkin, variatif dalam menggunakannya serta dapat dimainkan oleh siswa, keempat: menciptakan suasana pembelajaran yang asyik dan menyenangkan  dan siswa pun antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

 

Kata kunci : Metodik Funcalistung-menumbuhkan minat dan kegemaran  mengenal huruf dan angka.


References


Andi Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media Cet. Ke-2.

Aulia. (2012). Revolusi Pembuat Anak Candu Membaca Flash Book. Jogjakarta.

Badru Zaman dkk. (2008). Media dan Sumber Belajar TK Universitas Terbuka.Jakarta.

Buchari Alma. (2012).Guru Profesional.Alfabeta. Bandung.

Djam’an Satari dkk. (2008). Profesi Keguruan. Universitas Terbuka.Jakarta.

Fadhal Ar Bafadal dan Kawan-kawan, (2002). tafsir Al-Qur’an. Surabaya.

George S. Morrison. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta.

Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, Cet. Ke-31.

Imam Wahyudi. (2012). Mengajar Profesionalisme Guru. PT. Rosda Karya. Jakarta.

Luluk Asmawati. (2011) Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas. Jakarta.

Masnipal. (2013). Siap menjadi guru dan pengelolaan PAUD Profesional. PT. Elex Media Komputindor.Jakarta.

Masitoh. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka. Jakarta.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Moh. Uzer Uman. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

M. Solehudin dkk. (2009). Pembaharuan Pendidikan TK. Universitas Terbuka.

Jakarta.

M. Toha Anggoro dkk. (2011). Metode Penelitian. Universitas Terbuka. Jakarta.

Mubiar Agustin. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. PT Refika Aditama Bandung.

Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung. Rosda Karya, Cet. Ke 11.

Nurbiana Dhieni dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.Jakarta.

Siti Aisyah dkk (2009).Perkembangan Konsep Dasar AUD.Universitas Terbuka Jakarta

Soegiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.Bandung.

Soegeng Santoso. (2008). Dasar-dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. PT. Alfabeta. Bandung.

Widarmi D Wijana dkk. (2011). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.

Yuliani nurani (2008). Metode pengembangan Kogniift. Universitas Terbuka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.