Editorial Policies

Focus and Scope

Topik Kajian Akuntansi berkaitan dengan aspek apapun dari akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik berikut : Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Manajemen, Akuntansi dan Manajemen Keuangan Syariah, Auditing, Corporate Governance, Etika dan Profesionalisme, Pendidikan Akuntansi, Perpajakan, Pasar Modal, Perbankan, Sistem Informasi, Sustainability Reporting

Penentuan artikel yang dimuat dalam Kajian Akuntansi melalui proses blind-review oleh editor dan reviewer Kajian Akuntansi dengan mempertimbangkan antara lain: relevansi dan kontribusi artikel terhadap pengembangan profesi dan praktik akuntansi serta terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal. Editor dan reviewer memberikan masukan yang konstruktif dan hasil evaluasi kepada penulis artikel.

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kajian Akuntansi menerapkan double-blind peer review untuk setiap naskah yang melibatkan editor dan 2 (dua) reviewer. Keputusan artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal mempertimbangkan beberapa faktor seperti relevansi artikel dan kontribusinya terhadap pengembangan praktik akuntansi dan profesi akuntansi serta kepatuhan terhadap persyaratan artikel yang diterbitkan. Editor dan reviewer memberikan evaluasi dan saran yang membangun untuk penulis.

Proses peninjauan dalam Kajian Akuntansi terdiri dari tahapan-tahapan berikut, di mana editor akan memberikan keputusan pada setiap tahapan.

1. Deteksi plagiarisme menggunakan perangkat lunak Turnitin
2. Evaluasi awal oleh editor
3. Proses double-blind peer review oleh 2 (dua) reviewer
4. Tinjauan akhir oleh editor

Kajian Akuntansi tidak mengizinkan tindakan plagiarisme. Semua artikel yang dikirimkan akan disaring menggunakan perangkat lunak Turnitin, untuk mendeteksi apakah naskah berisi plagiarisme.