PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode2013-2015)

Sifa Dwiariani

Abstract


Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah komitmen perusahaan untuk berperan serta
dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang
bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap pengungkapan
tanggung jawab sosial perusahaan seperti profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai
populasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 10 perusahaan pada
tahun 2013-2015 dengan 30 sampel yang diobservasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel.
Berdasarkan hasil penelitian, profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara
parsial menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap pengungkapan
tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh
terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian bagi investor disarankan memilih perusahaan dengan pengungkapan
tanggung jawab sosial yang baik sebagai salah satu dasar untuk membantu dalam pengambilan keputusan
investasi. Bagi perusahaan, disarankan untuk memaksimalkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan
sesuai aturan GRI 4.
Kata Kunci : Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan
perusahaan

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Alfabeta:

Bandung

Gitman, Lawrence. 2003. Principles of Managerial Finance: United States

Global Reporting Initiative 4

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu

Harahap, Sofyan Syafitri.2010.Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Nursiam dan Gemitasari. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan

Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2011). ISBN 978-979-636-1472

Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Tahun 2016

Sari dan Mimba. 2015. Pengaruh Manajemen Laba, Kinerja Keuangan, Ukuran

Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan pada Pengungkapan CSR. ISSN: 2302-

Undang-Undang No 40 Tahun 2007




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v16i1.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614