Analisis Biaya Kualitas dan Biaya Pemasaran dalam Kaitannya Dengan Tingkat Earning Before Interest and Tax (Ebit) (Studi Kasus pada PT X)

Riska Novia, Nurleli Nurleli, Yuni Rosdiana

Abstract


Abstract. PT X is engaged in engineering technology required to be more competitive in order to maintain its existence amid increasingly tight business competition. One aspect that must be considered is to improve the quality because with good quality then customers will feel satisfied. After controlling the quality, besides that also need to be considered also marketing activity for the purpose of sale of product and service that have been produced. These activities are achieved through a number of costs of quality and marketing costs. The amount of expenditure on these costs need to be controlled so that the implementation of quality improvement and marketing activities can be effective and achieve company goals. This study aims to analyze the application of quality costs and marketing costs in relation to the level of Earning Before Interest and Tax (EBIT) company. The method used is qualitative descriptive method with case study approach. The processed data is the population of all projects undertaken in 2014 - 2016, amounting to 6 projects. Data source is with primary data and secondary data. Data collection techniques in this study are documentation and interviews. The results of the analysis show that the company has not classified the cost of quality and marketing costs separately so that the company does not know exactly how much the cost has been incurred for quality improvement and marketing activities, where it is found that the quality cost incurred by PT X exceeds the tolerance rate 2.5% of sales and expenses incurred for marketing activities are still relatively large as they exceed 50% of sales.

Keywords: Quality Cost, Marketing Cost, Sales, Earning Before Interest and Tax (EBIT).

Abstrak. PT X yang bergerak dibidang rekayasa teknologi dituntut untuk lebih kompetitif agar tetap dapat mempertahankan eksistensinya ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah dengan meningkatkan kualitas karena dengan kualitas yang baik maka pelanggan akan merasa puas. Setelah melakukan kontrol terhadap kualitas, selain itu perlu diperhatikan juga aktivitas pemasaran guna keperluan penjualan produk dan jasa yang telah dihasilkan. Kegiatan-kegiatan tersebut dicapai melalui sejumlah biaya yaitu biaya kualitas dan biaya pemasaran. Besarnya pengeluaran pada biaya-biaya tersebut perlu dikendalikan agar pelaksanaan kegiatan perbaikan kualitas dan pemasaran tersebut dapat efektif dan mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan biaya kualitas dan biaya pemasaran dalam kaitannya dengan tingkat Earning Before Interest and Tax (EBIT) perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diolah adalah populasi dari seluruh proyek yang dikerjakan pada tahun 2014 – 2016 yang berjumlah 6 proyek. Sumber data adalah dengan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara.

Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan belum mengklasifikasikan biaya kualitas dan biaya pemasaran secara terpisah sehingga perusahaan tidak mengetahui dengan pasti seberapa besar biaya yang telah dikeluarkan untuk kegiatan peningkatan kualitas dan pemasaran tersebut, dimanadidapat bahwa biaya kualitas yang dikeluarkan oleh PT X melebihi angka toleransi yaitu 2,5% dari penjualan dan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemasaran masih relatif besar karena melebihi 50% dari penjualan.

Kata Kunci : Biaya Kualitas, Biaya Pemasaran, Penjualan,  Earning Before Interest and Tax (EBIT).


Full Text:

PDF

References


Agus, R. Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Prastowo, Dwi dan Julianti, Rifka. 2002. Analisis Laporan Keuangan (Konsep dan Aplikasi), Edisi Revisi. Yogyakarta: YPKN.

Eliyana, Rosyida Nor. 2008. Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Produk Rusak Pada CV. Aneka Ilmu Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Evans, James R. dan William M. Lindsay. 2007.An Introduction to Six Sigma & Process Improvement (Pengantar Six Sigma). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Fany, Tjiptono & Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Feigenbaum, A.V. 1991. Total Quality Control. McGraw-Hill, New York.

__________. 2005. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. 2009. Akuntansi Manajerial Edisi 8. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Hidayat, Anang. 2007. Strategi Six Sigma, Peta Pengembangan Kualitas dan Kinerja Bisnis. Jakarta: PT Flex Media Komputindo.

Horngren, Charles T, Walter T. Harrison, Michael A. Robinson, Thomas H. Secokusume, 1997. Akuntansi di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Marpaung, Br Natalia. 2016. Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Produk Rusak Pada PT. Indofood CBP Sukses makmur Tbk Pekanbaru (Artikel Ilmiah). Rokan Hulu: Universitas pasir Pengaraian.

Moleong, L.J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan keempatbelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (Anggota IKAPI).

__________. 2007. Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta: PT Glora Aksara.

Mulyadi. 1991. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: STIE YKPN.

__________. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPPAMP YKPN Universitas Gajah Mada.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru Tentang Mutu Terpadu. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

R. Evans, James & M. Lindsay, William. 2007. Pengantar Six Sigma, An Introduction to Six Sigma & Process improvement. Diterjemahkan oleh: Afia R. Fitriati. Jakarta: Salemba Empat.

R. Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sabaniah, Dewi, Fitriah, Epi, dan Rosdiana, Yuni. 2016. Analisis Biaya Kualitas Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Divisi Tempa dan Cor PT PINDAD (Jurnal Ilmiah). Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

__________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

__________. 2000. Mengenali Arti dan Penggunaan Neraca Perusahaan; Seri Manajemen No. 1. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Swantari, Anita & Habibie, Fachrul Husain. 2015. Analisis Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas (Kasus PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk) (Jurnal Ilmiah). Jakarta: STP Trisakti.

Tjiptono. Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Pangestu, Jimmy. 2001. Analisis Pengendalian Biaya Kualitas Di Dalam Membantu Pengambilan Keputusan Tentang Peningkatan Kualitas Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas PT. “X” Di Surabaya (Skripsi). Surabaya: Universitas Kristen Petra.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v18i1.3067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614