Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekansme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

Siti Jasmine Dwi Santosa, Leny Suzan

Abstract


Transfer pricing merupakan suatu kebijakan perusahaan dalam menentukan harga dari transaksi antar anggota divisi dalam satu perusahaan maupun antar anggota divisi antar dua perusahaan baik didalam negeri maupun diluar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Keputusan transfer pricing dalam penelitian ini menggunakan indikator dummy.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Sedangkan secara parsial pajak dan tunneling incentive berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transfer pricing dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing


Keywords


Transfer Pricing , Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus

Full Text:

PDF

References


Hartati. 2014. Manajemen keuangan teori, dan aplikasi. Yogyakarta

Waluyo. 2014. Perpajakan Indonesia (Buku 1 Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Noviastika, Mayowan dan Karjo. (2010). Manajemen Keuangan. Jakarta: Nusantara Consulting.

Refgia, Thesa. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling incentive Terhadap Transfer pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Listing Di BEI Tahun 2011-2014). JOM Fekon Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017.

Saraswati, Gusti Ayu Rai. Sujana, I Ketut. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer pricing. ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.19.2. Mei (2017): 1000-1029.

Yuniasih, Ni Wayan. Rasmini, Ketut. Wirakusuma, Made Gede. Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v19i2.3496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614